Mengidap Hipertensi, ASN ini Mengaku Terbantu Dengan Program JKN-KIS

Mengidap Hipertensi, ASN ini Mengaku Terbantu Dengan Program JKN-KIS

25/01/2021 18:51 0 By Syakir

Hulondalo.id – Berbagai keuntungan bisa dirasakan masyarakat lewat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehata (KIS), selain keringanan biaya berobat, peserta mendapatkan fasilitas lainya terkait kesehatan.

Seperti yang dirasakan Meilina Atalapu (36), saat dirinya oleh dokter di diagnosa mengidap penyakit hipertensi di 2013 silam.

Yang lebih dulu terbayang adalah masa pengobatan yang panjang dengan biaya mahal. Ini sempat membebani pikirannya.

Tapi kemudian, ASN di Pemerintah Kota Gorontalo itu akhirnya bisa bernapas lega, setelah mengetahui kalau penyakit yang dideritanya itu, tercover dalam program JKN-KIS.

“syukurnya pas ternyata dijelasin bahwa penyakit yang saya diderita tercover secara penuh oleh BPJS Kesehatan, disitu saya langsung terharu dan bersemangat untuk menghadapi penyakit ini,” ujarnya.

Tak cukup sampai disitu, Meilina mengaku diajak bergabung dalam klub Prolanis di fasilitas kesehatan, tempatnya terdaftar. Di sini, Meilina bisa melakukan konsultasi medis, mendapatkan edukasi seputar penyakitnya, aktifitas klub hingga pemantauan kesehatan anggotanya.

“Berkat edukasi dari program ini, saya juga udah gabung dalam klub prolanis, karena dengan cara seperti ini saya bisa mengurangi potensi penyakit hipertensi saya kambuh. Di klub prolanis
saya diajak untuk menjalankan pola hidup sehat,” imbuhnya.

Meilina pun mengajak semua orang untuk ikut dalam porgram JKN-KIS, dan rasakan berbagai manfaatnya. Segera daftarkan diri ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, atau boleh juga melalui mobile BKN.

Saya jamin tidak akan ada ruginya, justru kita diajarkan untuk saling tolong menolong,” tandasnya. (adv/fit)