Mensos RI Ingatkan Jangan Ada Humas yang Gaptek

Mensos RI Ingatkan Jangan Ada Humas yang Gaptek

22/08/2019 14:39 0 By Alex

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka Rapat Koordinasi Nasional bidang Kehumasan Kemensos, di Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

Hulondalo.id – Hubungan masyarakat atau Humas pemerintah dituntut untuk mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi, guna memaksimalkan kinerja. Tidak lagi terpaku pada jam kerja, karena masyarakat membutuhkan informasi yang sifatnya real time.

“Tidak boleh ada lagi petugas humas yang gaptek (gagap teknologi), itu tidak boleh lagi ditemukan,” kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional bidang Kehumasan Kementerian Sosial (Kemensos), di Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

Menurut Agus, Humas merupakan bagian terpenting dari pemerintahan karena harus bisa menjembatani antara pemerintah dan masyarakat.

“Humas juga perlu membangun pencitraan kementerian maupun pemerintah secara umum atau “Nation Branding”, sebagai salah satu kunci penting negara bersaing dengan kompetisi global,” kata Mensos.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Humas dan Protokol, Setda Provinsi Gorontalo, Masran Rauf yang menjadi salah satu peserta rakornas mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara Kemensos melalui Biro Humasnya dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Biro Humas Protokol untuk membantu menyebarluaskan pemberitaan terkait dengan kesejahteraan sosial.

Plt Kepala Biro Humas dan Protokol, Setda Provinsi Gorontalo, Masran Rauf saat mengikuti kegiatan Rakor Kehumasan Kemensos RI

“Kedepan sesuai komitmen bersama dalam rakornas ini akan tercipta akselerasi pemberitaan yang berkelanjutan dan nantinya akan ada kompetisi untuk daerah yang pro aktif dalam memberi support berita ke kemensos RI,” jelas Masran.

Validitas data kemiskinan dan masalah sosial lainnya, lanjut Masran, akan disalurkan melalui link website kemensos dan website Provinsi Gorontalo untuk memudahkan aksesibilitas data yang selama ini berbeda dari berbagai instansi.

“Kehadiran seluruh karo humas provinsi akan mampu membentuk wadah bersama dalam rangka penyaluran informasi yang dinamis kepada masyarakat luas,” pungkas Masran.

Rapat koordinasi ini dilakukan selama 3 hari, dimulai sejak tanggal 20 hingga 22 Agustus 2019. Peserta rapat koordinasi terdiri dari 34 kepala biro humas pemerintah provinsi, 34 sekretaris dinas sosial provinsi, pejabat kehumasan hingga staf biro humas.(usman)