Menteri Suharso Pastikan Waduk Bone Ulu Prioritas Nasional 2021

Menteri Suharso Pastikan Waduk Bone Ulu Prioritas Nasional 2021

16/08/2020 19:23 0 By Alex

Menteri PPN Bappenas Suharso Monoarfa

Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di sela-sela meninjau kerusakan bendung Alale di Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, Ahad (F. Salman/Humas)

Hulondalo.id – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) RI, Suharso Monoarfa memastikan rencana pembangunan waduk Bone Ulu masuk prioritas Nasional tahun depan.

“Kita akan rencanakan dengan baik, secara bertahap gitu ya. Setidak-tidaknya sampai Tahun 2024 penanganan banjir di Gorontalo bisa diselesaikan,” kata menteri berdarah Gorontalo itu saat meninjau kerusakan bendung Alale, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Ahad (16/8/2020).

Meski demikian, Suharso juga menyoroti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang berada di calon lokasi waduk Bone Ulu. Suharso pun meminta agar PLTMH tersebut dialihkan ke lokasi lain.

“Tadi saya sudah bicara dengan Pak Bupati Bone Bolango, itu (PLTMH) kalau bisa diubah lagi karena di situ titik terbaik untuk pembangunan waduk. Waduk ini sudah masuk di major project kami kok,” sambung politisi PPP itu.

Selain bicara soal waduk Bone Ulu, Suharso menyebut akan menganggarkan revitalisasi bendung Alale dan tanggul di Kelurahan Bugis, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo.

Menurutnya, penanganan masalah banjir yang terjadi di Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango harus dikerjakan dari wilayah hulu sampai hilir.

“Penanganan banjir tidak bisa dilakukan secara parsial. Masalah di hulu sampai di hilir sungai Bone harus diselesaikan bersama-sama,” kata Suharso.

Terpisah, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie atas nama pemerintah dan masyarakat Gorontalo menyampaikan terima kasih kepada Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa. Menurut Rusli, perhatian dan kepedulian Suharso untuk kampung halamannya sangat luar biasa.

“Perhatian beliau sangat besar untuk Gorontalo. Beliau itu kalau sudah merencanakan untuk Gorontalo jarang yang meleset, pasti diselesaikan. Jadi kita manfaatkan beliau-beliau yang ada di pusat untuk kebutuhan daerah,” kata Gubernur Rusli Habibie.(adv/alex)