Menuju Smart Village, Bupati Pohuwato Sambangi PT Telkomsel di Makassar 

Menuju Smart Village, Bupati Pohuwato Sambangi PT Telkomsel di Makassar 

06/10/2021 15:07 0 By Yadin

Bupati Saipul didampingi Kadis Kominfo, Kepala Baperlitbang, dan Kadis Pertanian di PT Telkomsel Makassar, Rabu (6/10/2021).

Hulondalo.id – Salah satu dari delapan program prioritas pemerintahan SMS (Saipul Mbuinga-Suharsi Igirisa) adalah perluasan akses internet.

 

Bupati Saipul punya keinginan besar untuk mewujudkan smart village (digitalisasi desa) di Kabupaten Pohuwato. Saat ini, sudah 85 persen wilayah di Pohuwato bisa mengakses jaringan.

 

“Ada 9 tower yang dibangun yaitu 7 tower dari BAKTI dan 2 dari Telkomsel tetapi belum menjawab semua titik-titik yang mengalami blank spot,” papar Bupati di hadapan pihak PT Telkomsel, Rabu (6/10/2021).

 

“Ada 1 desa di Patilanggio yakni Desa Balayo yang jaraknya sekitar 10 Kilometer dari Ibukota Marisa dan berada di lintasan Transsulawesi, itu juga masih sulit untuk akses komunikasinya,” lanjut Saipul.

Harapan orang nomor 1 di Pohuwato itu pun langsung direspon oleh pihak Telkomsel.

 

“Alhamdulillah langsung direspon oleh pihak Telkomsel dan diupayakan segera dibangun tower combat di Desa Balayo.

Satu per satu wilayah blank spot sudah teratasi. Insya Allah 2022 Pohuwato sudah merdeka sinyal,” ungkap Kepala Dinas Kominfo, Supratman Nento sembari menambahkan, ada 6 lagi usulan untuk pembangunan tower ke PT Telkomsel.

 

Selain itu, Bupati Saipul juga meminta dukungan dari Telkomsel terkait rencana pemerintah daerah untuk membangun command center sebagai simbol digitalisasi di Pohuwato. (yadin/adv)