Menunggu Persetujuan, Sejumlah OPD di Gorontalo Utara Bakal Dimerger

Menunggu Persetujuan, Sejumlah OPD di Gorontalo Utara Bakal Dimerger

08/09/2021 22:22 0 By Maman

Jusuf Abdullah Hasan

Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Gorontalo Utara,Jusuf Abdullah Hasan.

Hulondalo.id – Sejumlah OPD di lingkup Pemkab Gorontalo Utara bakal di merger. Ini salah satu fokus utama dari kebijakan Presiden RI, Joko Widodo dalam penyederhanaan birokrasi.

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Gorontalo Utara, Jusuf Abdullah Hasan saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, penyederhanaan birokrasi tersebut, sementara menunggu persetujuan dari Kemendagri, KemenPAN-RB dan BKN.

“Itu sudah melalui proses dan tahapan, kajian akademiknya juga ada,” kata Jusuf, Rabu (8/9/2021).

Pemerintah daerah kata dia, sudah mengusulkan termasuk Gorontalo Utara dalam rangka penyerderhanaan birokrasi itu. Gorontalo Utara lanjut Jusuf, dalam struktur terlalu gemuk. Jumlahnya sekitar 31 OPD dan 11 Kecamatan.

“Kalau Kecamatan sudah wajar untuk memperpendek kendali pemerintahan atau mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Namun untuk jumlah OPD menurut Jusuf, tidak harus sebanyak gemuk seperti saat ini. Pemerintah pusat ingin itu dirampingkan. Pelaksanaanya kata Jusuf, lebib cepat akan lebih baik untuk menyahuti program Presiden dalam rangka penyederhanaan birokrasi, pelayanan publik yang lebih maksimal.

Adapun OPD yang rencananya bakal dimerger diantaranya, Dinas Pendidikan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pengendalian Pendudul dan Keluarga Berencana, Dinas Permukiman dan Pertanahan, Dinas PU dan PR, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, serta Dinas Peternakan dan Keswan. (Prin/Adv)