Menyamakan Persepsi dalam Pembahasan Ranperda Pajak Daerah

Menyamakan Persepsi dalam Pembahasan Ranperda Pajak Daerah

10/06/2020 13:54 0 By Maman

Pansus 1 DPRD Gorontalo Utara menggelar pembahasan Ranperda tentang Pajak Daerah. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Kedudukan dan struktur pemerintah daerah dengan pemerintah desa, diantara point yang dibahas Pansus 1 DPRD Gorontalo Utara, terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pajak Daerah.

Persepsi dari eksekutif kata Ketua Pansus 1 DPRD Gorontalo Utara Matran Lasunte, pemerintah daerah didalamnya juga sudah termasuk pemerintah desa. Tapi legislatif punya persepsi lain bahwa, bahwa pemerintah desa memiliki kedudukan tersendiri dalam struktur pemerintahan, dan berdasarkan undang-undang.

Sebab kata Matran dalam rapat yang digelar bersama tim pakar saat itu, Selasa (9/6/2020), pemerintah desa diatur melalui undang-undang tersendiri, dan pemerintah daerah diatur dalam undang-undang tersendiri juga.

Ada kekhawatiran kata aleg PPP ini, akan terjadi perubahan dimasa mendatang, jika mengikuti undang-undang dan tidak menyebut pemerintah desa dalam rancangan regulasi tersebut.

Terhadap perbedaan tersebut kata Matran, akan ditindak lanjuti pada pembahasan berikutnya, berupa evaluasi akhir yang kemungkinan akan dilaksanakan tidak hanya sekali.

Sinkronisasi juga akan dilakukan, lantaran setiap alasan kata aleg dua periode ini, pasti ada landasannya, demi optimalnya pembahasan rancangan regulasi tersebut. (Prin/Adv)