Metode Baru KKN UNG, Rektor: 161 Peserta Tingkatkan Kapasitas Desa, Untuk Pencapaian SDGs

Metode Baru KKN UNG, Rektor: 161 Peserta Tingkatkan Kapasitas Desa, Untuk Pencapaian SDGs

06/04/2021 07:12 0 By Maman

KKN UNG 2021

Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, ST, MT melepas peserta KKN. (foto:hms)

Hulondalo.id – Metode baru diterapkan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini. Mahasiswa kata Rektor UNG, Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., tidak membawa program dalam KKN.

“Ini istimewa, kita tidak membawa program, tetapi kita akan mengidentifikasi program yang ada di desa-desa tempat kita melaksanakan KKN,” kata Rektor saat melepas 161 mahasiswa peserta KKN Desa Membangun Untuk Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGS). Senin, (5/4/2021).

Dua bulan kedepan kata Rektor, 161 mahasiswa peserta KKN ini, akan menjadi duta UNG melakukan peningkatan kapasitas desa di 3 kecamatan yaitu, Kecamatan Bilato, Biluhu dan Batudaa Pantai.

Selama menjalani kegiatan KKN, 4 hal yang akan dilakukan yaitu, identifikasi permasalahan, merumuskan solusi dari permasalahan, melakukan evaluasi dari solusi yang diterapkan, bagaimana melakukan perbaikan dan penyempurnaan dari evaluasi yang sudah dilaksanakan.

“Kalau 4 hal ini bisa kita laksanakan dengan baik, Insya Allah keberadaan mahasiswa di desa-desa akan memberikan kontribusi yang signifikan,” terangnya.

Konsep KKN Desa Membangun juga kata dia, tujuannya akan disesuaikan dengan pencapaian SDGs 17 menjadi 18 dengan SDGs Desa yaitu kearifan lokal.

Rektor juga mengatakan, akan sangat baik jika dalam identifikasi permasalahan akan menyesuaikan dengan tujuan SDGs yang akan dicapai.

“Sehingga nantinya, akan mempunyai data untuk permasalahan sesuai dengan yang ada pada SDGs, solusi yang kita terapkan dan juga penyempurnaannya,” pungkasnya. (MG01/Adv)