Minat Baca Warga Gorontalo Rendah, Segini Angkanya

Minat Baca Warga Gorontalo Rendah, Segini Angkanya

01/05/2019 18:55 0 By Alex

minat baca

Lomba Bercerita tingkat SD/MI yang diprakarsai oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Provinsi Gorontalo ini tujuannya untuk meningkatkan minat baca sejak dini.

Hulondalo.id – Dengan membaca dapat memperluas wawasan. Namun sayangnya, minat baca khususnya di Provinsi Gorontalo rupanya masih rendah.

Seperti yang dikutip dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Provinsi Gorontalo, indeks gemar membaca di daerah ini pada Tahun 2018 hanya 29,9%. Meski rendah, indeks gemar membaca itu lebih baik dari tahun sebelumnya yang tercatat hanya 21%. Sementara, untuk pemustaka yang datang ke perpustakaan tercatat sebanyak 36,4%.

Kepala Dinas Arpusda Provinsi Gorontalo, Yosef P Koton, pihaknya terus mendorong masyarakat Gorontalo untuk meningkatkan minat baca. Salah satunya melalui Lomba Bercerita yang diikuti oleh siswa SD/MI yang digelar di Ballroom Maqna Hotel, Rabu (1/5/2019).

“Kita di Gorontalo harus lebih meningkatkan kegemaran membaca agar dapat memperluas wawasan. Minimal, bisa mendekati indeks baca Nasional sebesar 52%,” ujar Yosef.

Terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba menuturkan, jalan terbaik untuk mencapai sukses adalah dengan Ilmu. Dan ilmu diperoleh dengan belajar dan banyak membaca.

“Tentunya dalam membudayakan kegemaran membaca pada anak-anak ini butuh peran yang tidak cukup hanya oleh guru-guru atau komunitas di sekolah saja. Tapi peran orang tua, masyarakat, pemerintah dan lembaga swasta yang peduli akan pentingnya pendidikan,” pinta Sekretaris Daerah Darda Daraba.

minat baca

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba saat membuka kegiatan Lomba Bercerita yang digelar di Ballroom Maqna Hotel, Rabu (1/5/2019).

Pembudayaan membaca, lanjut Darda, bagi pemustaka yang tidak kalah pentingnya adalah tenaga pustakawan yang berdedikasi tinggi dan bekerja secara profesional. Pustakawan dituntut untuk memberikan layanan prima dan berorientasi pada kepuasan pemustaka.

Sebelumnya, Lomba Bercerita untuk siswa SD/MI tingkat Provinsi Gorontalo ini diikuti oleh pemenang tingkat kabupaten/kota. Sementara peserta lomba pustakawan berasal dari pustakawan UNG, pustakawan UMG, pustakawan IAIN Sultan Amai Gorontalo, pustakawan Universitas Bina Mandiri Gorontalo dan pustakawan Poltekes Kemenkes Gorontalo.(usman)