Minim Personil, Harsono Imbau Masyarakat Patuhi Protkes di Tradisi Malam Qunut

Minim Personil, Harsono Imbau Masyarakat Patuhi Protkes di Tradisi Malam Qunut

28/04/2021 22:58 0 By Maman

Imbauan Kapolsek Batudaa Malam Qunut

Kapolsek Batudaa,Iptu Harsono saat menyampaikan imbauan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pada pelaksanaan Malam Qunut di Batudaa. (foto:pin)

Hulondalo.id – Banyaknya masyarakat yang memadati tradisi malam Qunut di Pasar Payunga, Desa Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo, membuat personil Polsek Batudaa kewalahan.

Saat itu, Polsek Batudaa mengeluarkan imbauan agar masyarakat yang datang ke tradisi tersebut, tetap mematuhi protokol kesehatan. Kehadiran pihak Polsek Batudaa di lokasi menertibkan.

Namun kondisi itu diperhadapkan pada minimnya personil yang ada. Kapolsek Batudaa, Iptu Harsono mengatakan, selama ini baik itu polisi maupun pemerintah setempat, tak pernah memberikan izin, dengan alasan masih pandemi Covid-19.

“Tak ada juga yang meminta izin untuk menggelar kegiatan ini, ketika ditanya siapa penanggung jawabnya, masyarakat dan pedagang mengaku tak ada, ini terjadi secara spontan,” tutur Harsono, Rabu (27/04/2021).

Sebelumnya juga kata Harsono, kepolisian telah menyampaikan imbauan agar tak melakukan tradisi malam Qunut, baik itu melalui pemerintah desa, kecamatan pengeras suara di masjid-masjid.

“Kami juga memahami ini merupakan tradisi tahunan masyarakat setempat di malam ke 15 ramadan, khusunya pedagang yang menjual hasil bumi, ini juga didorong oleh kebutuhan masyarakat, sehingga tak bisa dibendung,” ujar Harsono.

Meski begitu kata dia, koordinasi terus dilakukan dengan Polres dan Polda Gorontalo.

“Kita terus berkoordinasi terkait penambahan personil, dan saat ini yang kami bisa lakukan hanya memberikan arahan kepada pedagang dan pengunjung agar tetap mengedepankan Prokes,” ungkap Harsono.

“Jika masih ada yang melakukan kegiatan ini, kami akan melakukan tindakan penertiban,” pungkas Harsono. (Prin)