Minimalisir Bencana Banjir, Bupati Gorontalo Kampanyekan Sumur Resapan

Minimalisir Bencana Banjir, Bupati Gorontalo Kampanyekan Sumur Resapan

05/06/2021 21:42 0 By Syakir

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo

Hulondalo.id – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengajak masyarakat Kabupaten Gorontalo agar membuat sumur resapan.

Ajakan Nelson itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, Nelson menilai jika masyarakat membuat sumur resapan di masing-masing rumah, maka itu akan meminimalisir terjadinya bencana banjir di Kabupaten Gorontalo.

“Biasanya dari 19 kecamatan di Kabupaten Gorontalo, 16 kecamatan sering terjadi banjir. Baru-baru ini ada sekitar 3 kecamatan terjadi banjir. Agar Kabupaten Gorontalo bebas dari banjir, masyarakat harus membuat sumur resapan,” tutur Nelson, saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Se Dunia, Sabtu (05/06/2021).

Dijelaskan Nelson, sumur resapan banyak manfaatnya. Selain mencegah banjir juga meminimalisir genangan air. Di samping itu juga manfaat sumur resapan yakni menambah cadangan air tanah, menampung air bersih untuk keperluan rumah tangga, menjadi sumber air irigasi pertanian, serta menjaga kelembaban tanah disekitarnya.

“Jika ini kita terapkan di masing-masing rumah. Saya yakin Kabupaten Gorontalo tak banjir lagi. Bahkan, saya juga meminta kepada developer rumah yang ingin membangun rumah di walah Kabupaten Gorontalo diwajibkan membangun sumur resapan,” tandas Nelson. (Pin/Adv)