Minimalisir Dampak Bencana, BPBD Boalemo Ajak Masyarakat Sadar & Tetap Waspada

Minimalisir Dampak Bencana, BPBD Boalemo Ajak Masyarakat Sadar & Tetap Waspada

27/05/2021 23:30 0 By Maman

Mans Mopangga

Kepala Pelaksana BPBD Boalemo, Mans Mopangga.

Hulondalo.id – BPBD Boalemo mengajak masyarakat lebih sadar dan waspada terhadap bencana alam. Sepanjang tahun 2020 hingga 2021, BPBD Boalemo mencatat bencana termasuk yang sering terjadi di daerah ini.

Berdasarkan data yang ada, sejak 19 Februari 2020 hinnga 19 Januari 2021, BPBD Boalemo mencatat, 45 bencana alam seperti bencana banjir 21 kejadian, kebakaran 10 kejadian, 8 pohon tumbang, kemudian 5 bencana angin kencang dan puting beliung, serta 1 kejadian batu menggelinding.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Boalemo, Mans Mopangga mengatakan, upaya mengantisipasi bencana alam, sering dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan juga menginformasikan melalui media sosial terkait informasi BMKG.

“Kita sering melakukan sosialisasi dan mengingatkan kepada masyarakat akan bahaya bencana dan bagaimana cara menanggulanginyal, seperti, jangan sembarang menebang pohon, jangan membuang sampah di sungai yang bisa menghambat saluran air,” ungkapnya saat diwawancarai hulondalo.id, di ruang kerjanya, Kamis (27/5/2021).

Mans juga mengatakan, BPBD memiliki tugas dalam penanganan saat dan setelah kejadian, dan terlibat langsung serta cepat, ketika ada informasi.

“Disetiap ada bencana seperti pohon tertimpa dan banjir, kita reaksi cepat disini dan suruh data berapa kepala keluarga (KK), setelah itu ada anggaran untuk bantuan, misalnya makanan siap saji dan logistik lainya kepada masyarakat,” tambahnya.

Tahun 2021 ini kata dia, ada keterbatasan anggaran karena refocusing. Sebelumnya kata Mans, ada dana untuk rehabilitasi bagi masyarakat yang tertimpa bencana atau musibah.

“Tahun ini, karena refocusing, kami sudah tidak punya dana, dan berjuang juga di DPRD agar ditambahkan, tetapi rata-rata kena refocusing semuanya, namun pada intinya, masyarakat harus sadar akan bahaya ini dan waspada setiap saat,” tandasnya. (Rifal/Adv)