Misranda: Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Harus Sesuai Standar

Misranda: Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Harus Sesuai Standar

24/06/2019 17:18 0 By Maman

PLT Kadis Dikes Provinsi Gorontalo Misranda Nalole saat membuka kegiatan Pembekalan tenaga kefarmasian dalam melaksanakan pelayanan kefarmasian sesuai standar dan penggunaan obat tradisional di puskesmas.

Hulondalo.id- Pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat rasional terus tingkatkan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Peningkatan tersebut tidak hanya berfokus pada penyediaan obat saja, tetapi juga bagaimana agar pasien bisa mengerti dan paham, baik itu soal indikasi, dosis, aturan pakai, cara kerja obat, efek samping, dan kontra indikasi, yang perlu dihindari selama minum obat.

Tujuannya kata Plt Kadis Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole, agar pasien patuh minum obat dan bisa sembuh.

Saat membuka pembekalan tenaga kefarmasian dalam melaksanakan pelayanan kefarmasian, sesuai standar dan penggunaan obat tradisional di puskesmas, Misranda mengungkap, ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pelayanan kefarmasian.

Diantaranya kata dia dalam kegiatan yang digelar Senin (24/6/2019) di hotel Grand Q Kota Gorontalo, terkait penyediaan obat, lalu pelaksanaan pelayanan kefarmasian.

Kemudian kata Misranda dihadapan tenaga Apoteker dan tenaga kefarmasian, sosialisasi dan advokasi penggunaan obat rasional, pemberdayaan masyarakat dalam penggunaan obat rasional.

“Hal itu dilakukan melalui Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat atau Gema Cermat,” terang Misranda.

Terakhir, dirinya menghimbau agar setelah mendapat materi pembekalan tersebut, dapat mengimplementasikan pelayanan kefarmasian sesuai standar, sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan puskesmas. (rinto/5)