Misranda: Perencanaan Kebutuhan SDMK Penting Dikoordinasikan Lintas Pemda Kabupaten/Kota

11/09/2019 18:46 0 By Maman

Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole, pada pembukaan kegiatan workshop penyusunan rencana kebutuhan SDMK tingkat Provinsi Gorontalo, Rabu (11/9) di hotel Grand Q Kota Gorontalo.

Hulondalo.id- Penyediaan sumber daya difasilitas pelayanan merupakan tanggung jawab pemerintah. Olehnya, pemerintah wajib memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan baik dalam jumlah, jenis, maupun kompetensinya secara merata.

Hal ini kata Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole, harus dilakukan. Sebab kata dia, telah diatur dalam UU Nomor 36 tahun 2009, pasal 16.

Dalam pasal tersebut menyebutkan bahwa, pemerintah bertanggungjawab atas ketersediaan sumber daya di bidang kesehatan, yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat, untuk memperoleh derajat kesehatan kesehatan yang setinggi-tingginya.

Ini disampaikan Misranda saat membuka Workshop Penyusunan Rencana Kebutuhan SDMK tingkat Provinsi Gorontalo, Rabu (11/9/2019) di hotel Grand Q Kota Gorontalo.

Disisi lain, ungkap Misranda, meningkatnya jumlah, penyebaran, komposisi dan mutu tenaga kesehatan, merupakan tantangan pembangunan kesehatan. Dimana, ketersediaan Nakes, harus dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Terlebih dalam melakukan analisis perencanaan jabatan, dan pemetaan,” tegasnya.

Untuk itu, Misranda berharap, melalui workshop dapat diperoleh perencanaan kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK), menjadi dasar atau acuan dalam pengusulan formasi ASN, P3K, Nusantara Sehat dan Pendayagunaan Dokter Spesialis. (Rinto/5)

loading...