MK Putuskan Hamim Pou Belum Lewat Dua Periode

MK Putuskan Hamim Pou Belum Lewat Dua Periode

15/01/2021 07:27 0 By Jeffry

Tim Kuasa Hukum Hamim Pou. (F. Istimewa)

Hulondalo.id – Periodisasi masa jabatan Hamim Pou sebagai Bupati Bone Bolango akhirnya terjawab sudah. Ini seiring dengan ditolaknya uji materi yang dilayangkan pemohon oleh majelis hakim MK, Kamis (14/1/2021).

Tim kuasa hukum Hamim Pou, Dr. Duke Arie Widagdo SH, MH saat dihubungi via seluler menjelaskan secara rinci alasan MK menolak tuntutan tersebut.

Dimana dalam amar putusan tersebut kata dia, MK mengacu pada putusan sebelumnya yakni putusan Nomor 22 Tahun 2009 tentang periodisasi calon kepala daerah.

“Di putusan 22 Tahun 2009 itu sama persis mengenai periodisasi cakada, dan itu sudah pernah. Nggak mungkin ada dua kali putusan berbeda pada permasalahan yang sama. Makanya dalam pemaknaan perkara MK mengacu pada putusan tersebut,” ujarnya.

Selain itu, permasalahan yang menimpa Hamim Pou kata dia, tidak bisa dijadikan alasan permohonan aduan uji materil di MK, karena menurutnya secara konkrit praktek tersebut semestinya di lapangan bukan pemaknaan norma.

“Di pasal 7 ayat 2 huruf n itu tidak ada pelanggaran konstitusional disitu. Dan itu artinya tidak bertentangan dengan UUD. Makanya kenapa ini tidak bisa diuji di MK, ” tuturnya.

Sehingga kata dia, dengan adanya putusan MK tersebut semakin jelas bahwa masalah periodisasi yang ditimpakan tersebut itu membuktikan bahwa jabatan Bupati Hamim Pou masih 1 periode.

“Secara konstitusional Hamim Pou masih tetap dianggap belum melebihi dua periode. Dan apa yang ditetapkan KPU dalam pemilu kemarin sebagai calon pilkada itu sah,” terangnya.

Dirinya pun optimis apa yang menjadi putusan MK tersebut akan berimbas pada kasus gugatan yang lain yang saat ini tengah berproses di MK.

“Ini nantinya yang akan kita bantah. Karena dalam permohonan itu lagi-lagi menyebut masalah periodisasi yang menjadi tuntutan pemohon. Jadi masalah periodisasi ini sudah selesai,” tandasnya.(Jeff)