Modus Iming-imingi Jadi Karyawan BUMN, Warga Tilamuta Ini Diringkus

Modus Iming-imingi Jadi Karyawan BUMN, Warga Tilamuta Ini Diringkus

02/08/2019 09:30 0 By Alex

Tersangka ZS (tengah baju biru gelap) saat diamankan di Manado.(f.polda)

Hulondalo.id – Tim Resmob Polda Gorontalo mengamankan seorang pemuda berinisial ZS (22) warga Dusun IV Tilemba, Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Kamis (1/8/2019), atas dugaan kasus penipuan dan penggelapan.

Modus yang dilakukan tersangka adalah mengiming-imingi korbannya untuk menjadi karyawan di salah satu perusahaan BUMN dengan syarat menyetorkan sejumlah uang dengan alasan biaya administrasi.

“Iya benar. Yang bersangkutan ditangkap berdasarkan laporan warga dengan laporan polisi Nomor LP/61/II/2019/Siaga SPKT Polda Gorontalo tanggal 19 Februari April 2019,” sebut Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK melalui PS Kasubdit Penmas, AKP Karsum Ahmad SH via keterangan tertulisnya, Jumat (2/8/2019).

Sebelumnya, tersangka ZS mengaku bisa meloloskan calon karyawan untuk bekerja di salah satu perusahaan besar BUMN. Syaratnya, biaya administrasi sebesar Rp 7,5 Juta. Namun karena sudah terlalu lama menunggu tanpa kejelasan, ZS pun dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

“Yang bersangkutan mengaku sebagai seorang pilot. Ada dugaan jika perbuatannya bukan kali ini saja,” jelas AKP Karsum Ahmad SH.

Setelah menerima laporan, Tim Resmob Polda Gorontalo pun melakukan penyelidikan sejak Rabu (31/7/2019). Awalnya, polisi mendapatkan informasi bahwa tersangka ZS tinggal di Desa Isimu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Namun setelah dikrosscek, ZS sudah tidak berada di tempat. Terinformasi, ZS sudah lari ke Manado selama sebulan terakhir. Tim Resmob Polda Gorontalo pun langsung berkoordinasi dengan Polrestabes Manado untuk mencari keberadaan pelaku.

Tersangka ZS setelah diamankan polisi di Manado.

Akhirnya, Kamis (1/8/2019), polisi mengantongi keberadaan tersangka. Tepatnya di lorong Cereme, Kelurahan Singkil, Kecamatan Tuminting, Manado, yang merupakan kediaman keluarganya. Tak menunggu babibu, polisi langsung ke lokasi dan berhasil menangkap ZS.

“Tim sudah menjemput tersangka yang diamankan Tim Opsnal Polrestabes Manado untuk dibawa ke Polda Gorontalo guna penyelidikan lebih lanjut,” tandas AKP Karsum Ahmad SH.(Alex)