MTQ ke 41 Tolitoli, Bupati: Momentum Syiar Membumikan Al-Qur’an

18/11/2019 10:40 0 By Maman

Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan menyampaikan sambutan sekaligus membuka MTQ ke 41 tingkat Kabupaten Tolitoli. (andis)

Hulondalo.id- Pelaksanaaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 41 tingkat Kabupaten Tolitoli, adalah momentum syiar dan dakwah membumikan Al-Qur’an. MTQ juga bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Khususnya kata Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, kepada umat muslim, untuk lebih memahami isi dan kandungan Al-Qur’an, sehingga benar-benar menjadi pandangan hidup.

“MTQ juga kompetisi untuk meraih predikat juara, dan menjadi motivasi peserta dalam meningkatkan dan menyalurkan bakat dan kemampuannya,” kata Bupati saat membuka MTQ ke 41 tingkat Kabupaten Tolitoli Sabtu (16/11/2019).

Dalam acara yang digelar di Taman Batu Bangga Desa Lalos Galang itu, Bupati juga menyerahkan bantuan berupa tujuh sepeda kepada anak-anak yang tidak mampu, sebagai sarana kendaraan bersekolah.

“MTQ tidak hanya sebatas seremonial, adu kemampuan dan kepintaran dalam mengolah bacaan Al Qur’an, namun juga tuntutan untuk mengamalkan isi kandungannya,” ungkap Bupati.

Kepada seluruh kafilah yang bisa meraih juara umum, nama peserta di kafilah akan diundi. Yang beruntung, akan mendapat hadiah berupa umrah dari Bupati Tolitoli Hi. Moh Saleh Bantilan.

Sedangkan untuk peraih juara I, II dan III pada seluruh jenis cabang yang dilombakan, Bupati akan memberikan bonus uang masing-masing Rp. 1 juta.

Semoga kata Bupati, MTQ kali ini, bisa menjadi awal untuk membangkitkan kembali Kabupaten Tolitoli pada peringkat tertinggi dalam ajang MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Camat Galang Aspat dalam laporannya menyampaikan, cabang yang diperlombakan dalam MTQ kali ini yakni, cabang tilawah golongan anak dan remaja, dewasa dan cacat netra, tartil dasar dan menengah, qira’ah mujawwat dan murattal.

“Kemudian, cabang tahfidz golongan 1 sampai dengan 5 juz, 10 sampai dengan 20 juz, 25 dan 30 Juz,” ujar Aspat.

Berikutnya, cabang tafsir golongan bahasa Arab, Inggris dan Bahasa Indonesia, cabang syarhil Qur’an, cabang fahmil Qur’an, katrol Qur’an, Musabaqah Makalah Qur’an dan Musabaqa Hadist Nabi.

MTQ tahun ini diikuti masing-masing dari Kecamatn Tolitoli Utara 200 Kafilah, Dako Pemean 150 Kafilah, Baolan 217 Kafilah, Lampasio 185 Kafilah, Ogodeide 211 Kafilah, Basidondo 150 Kafilah, Dondo 200 Kafilah, Dampal Utara 164 Kafilah serta Dampal Selatan 117 Kafilah.

Utusan kafilah terbanyak yakni Kecamatan Galang sebanyak, 251 kafilah. Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Tolitoli diikuti oleh seluruh Camat. Dilanjutkan dengan pengibaran bendera LPTQ diiringi Mars MTQ.

Dalam acara pembukaan juga hadir Wabup Tolitoli Hi. Abd. Rahman Hi Budding, Wabup Tolitoli ke 4 Amran Hi. Yahya, Sekda yang juga Ketua LPTQ Tolitoli Hi Mukaddis Syamsuddin, Ketua DPRD Tolitoli Moh. Randi Saputra, AR bersama Wakil Ketua dan sejumlah Anggota dan pejabat lainnya. (Andis/Adv)