Muhtar-Bakri Yakinkan Publik Akan Visi, Misi & 14 Program Unggulannya Saat Debat

Muhtar-Bakri Yakinkan Publik Akan Visi, Misi & 14 Program Unggulannya Saat Debat

19/11/2020 12:36 0 By Maman

Debat Publik Paslon Muhtar-Bakri

Paslon nomor urut 2 Bupati-Wabup Tolitoli, Muhtar Deluma-Bakri Idrus saat mengikuti debat publik yang digelar KPU Tolitoli. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Publik makin diyakinkan untuk tidak ragu memilih paslon Bupati-Wabup Tolitoli nomor urut 2, Muhtar Deluma-Bakri Idrus, tanggal 9 Desember 2020 di TPS. Debat publik yang digelar KPU Tolitoli, menjadi panggung bagi paslon ini menyampaikan visi, misi dan 14 program unggulannya.

Penuh percaya diri mendatangi LPP-RRI Kabinuang Tolitoli, Muhtar dan Bakri tidak saja memaparkan apa yang akan dilakukan ketika terpilih nanti, namun juga menjawab pertanyaan dalam debat. Temat Debat Publik, Peningkatan pelayanan kepada masyarakat, penyelesaian persoalan daerah serta kebijakan dan strategi dalam penanganan pencegahan Covid-19 di Tolitoli, mampu dijabarkan oleh paslon ini dengan baik.

Muhtar dan Bakri akan memastikan, sistem jaminan kesehatan masyarakat akan stabil dan tidak akan menemui kendala seperti yang terjadi saat ini. Layanan air bersih berupa sistem pengolahannya akan stabil dengan menambah bak penampungan serta, perbaikan sistem saringan. Sehingga, dalam kondisi cuaca apapun, air bersih tetap akan terdistribusi pada masyarakat.

Sementara itu, terkait masalah banjir yang kerap terjadi di Tolitoli saat curah hujan meningkat, Muhtar dan Bakri akan memberikan perhatian serius, dengan melakukan reboisasi, normalisasi sungai, memperbaiki drainase, dan pengolahan sampah secara tepadu.

Untuk tema penanganan dan pengendalian Covid-19, Muhtar dan Bakri akan menambah kapasitas ruang isolasi, dan ventilator serta penyediaan alat swab tes, APD untuk tenaga kesehatan dan penambahan surveilans disemua puskesmas dan rumah sakit. Kesejahteraan tenaga medis dan tenaga kesehatan juga tak luput dari perhatian paslon nomor urut 2 ini.

Dalam debat tersebut, Muhtar dan Bakri juga mendapat pertanyaan yakni, apa konsep kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan BUMDes. Muhtar menjelaskan, tiga pilar yang harus ada yakni pemerintah, masyarakat, dan badan usaha. Selain perusahaan daerah, ditingkat paling bawah ada BUMDes.

Keresahan petani selama ini kata Muhtar, adalah modal dan pemasaran. Pemerintah bisa mengambil sebagai avalis, tidak menggunakan dana APBD, serta melakukan pemasaran yang benar. Maka modal usaha dan pemasaran menjadi faktor utama dalam peningkatan BUMDes.

Debat tersebut juga dihadiri dua paslon lainnya yakni, paslon nomor urut 01 Beramal, dan paslon nomor urut 03, Amanah Besar. (Andis)