MUI Boalemo Gelar Pelatihan Imam dan Khatib

MUI Boalemo Gelar Pelatihan Imam dan Khatib

28/09/2021 21:31 0 By Syakir

Penyelenggaraan jenazah, termasuk dalam materi yang diberikan di Pelatihan Imam dan Khatib se Kabupaten Boalemo,

Hulondalo.id – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Boalemo, Anas Jusuf, membuka kegiatan Pelatihan Imam dan Khatib yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Boalemo, di Aula Kantor Kemenag Boalemo, Selasa (28/9/2021).

Dalam sambutannya, Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan imam dan khatib merupakan program keagamaan yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Sebab, kegiatan kali ini berkaitan dengan penyelengaraan jenazah dan penyembelihan kurban.

“Pelatihan ini menyangkut masalah-masalah yang sangat penting ditengah-tengah masyarakat. Karena, kegiatan saat ini dalam penyampaian ketua MUI Boalemo, bukan hanya penyampain dari sisi hukum syariat saja, tetapi juga dari sisi kesehatan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Anas berpesan, kepada para peserta dari perwakilan setiap desa untuk mengikuti pelatihan ini dengan utuh dan serius. Dan saat kembali ke desa masing-masing, bisa langsung mempraktekannya.

“Saya berharap, setelah bapak-ibu mengikuti ini langsung bisa melaksanakannya apabila terjadi kedukaan atau penyembelihan hewan kurban. Dan ini harus dijadikan sebagai kebiasaan, karena biasanya saat ada yang meninggal dalam waktu bersamaan, kami sering menemukan dilapangan ada petugas yang kurang sementara pemakamannya harus di segerakan. Hal seperti ini yang kita khwatirkan dan harus segera diantisipasi,” imbau Anas.

Sehingga orang nomor satu Boalemo itu, mengatakan pemerintah daerah akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh MUI Boalemo yang selalu sesuai kebutuhan masyarakat.

“Kegiatan-kegiatan pelatihan yang di gagas oleh MUI Boalemo ini sangat-sangat di butuhkan oleh masyarakat. Sehingga kedepan ini bisa di lakukan lagi, saya bersama ketua DPRD siap membantu dan mendukung dalam penganggarannnya,” tuturnya.

Disamping itu, Anas juga mengingkan pelatihan iman dan khotib mulai diajarkan dan menyentuh para anak-anak yang ada di bangku sekolah.

Kegiatan itu dihadiri Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho, Kepala Kemenag Boalemo, Sabara Karim Ngou, Ketua MUI Boalemo, Lukmanul Hakim, dan diikuti peserta perwakilan dari desa di kabupaten Boalemo. (Rifal/Adv)