Mulai 2021 BBM Jenis Premium di Jawa dan Bali akan Dihilangkan, Kota-kota Lain Kapan?

Mulai 2021 BBM Jenis Premium di Jawa dan Bali akan Dihilangkan, Kota-kota Lain Kapan?

13/11/2020 18:56 0 By Alex

BBM jenis premium dihilangkan

Antrian BBM di SPBU kompleks bundaran Hulondalo Indah, Kota Gorontalo. (F. dok Alex)

Hulondalo.id – Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2021, Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium akan mulai dihilangkan di wilayah Jawa dan Bali, dalam rangka pengendalian pencemaran lingkungan.

Rencana penghapusan BBM jenis premium di wilayah Jawa dan Bali ini terungkap pada diskusi publik via webinar dengan mengangkat tema Tingkatkan Kualitas Udara di Masa Transisi New Normal dengan Implementasi BBM Ramah Lingkungan oleh YLKI, Jumat (13/11/2020).

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), MR Karliansyah mengungkapkan hal itu.

“Senin malam yang lalu saya bertemu dengan Direktur Operasi Pertamina. Beliau menyampaikan per 1 Januari 2021, Premium di Jamali (Jawa, Madura dan Bali) khususnya, itu akan dihilangkan,” ujar Karliansyah dikutip Hulondalo.id.

Rencana penghapusan BBM jenis premium di wilayah Jawa dan Bali itu, lanjut Karliansyah, sebagai bentuk permulaan.

Selanjutnya, penghapusan BBM jenis premium akan diikuti oleh seluruh kota-kota lainnya yang ada di Indonesia.

Rencana penghapusan BBM jenis premium ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mengendalikan pencemaran kendaraan bermotor.

BBM jenis premium dihilangkan

Suasana webinar tema Tingkatkan Kualitas Udara di Masa Transisi New Normal dengan Implementasi BBM Ramah Lingkungan oleh YLKI, Jumat (13/11/2020).

Hal itu pula telah dibubuhkan pada Permen LHK RI Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N dan Kategori O.

“Penjualan BBM jenis premium dan pertalite yang di bawah RON 91 masih mendominasi konsumsi BBM di masyarakat. Premium dengan RON 88 masih mendominasi penjualan BBM,” katanya.(Alex)