Mulai Pidis!! Harga Rica di Gorontalo Tembus Rp 90 Ribu per Kg

Mulai Pidis!! Harga Rica di Gorontalo Tembus Rp 90 Ribu per Kg

29/06/2021 13:01 0 By Alex

cabai rawit rica Gorontalo

Cabai rawit atau rica di Gorontalo kini mulai menyentuh harga Rp 90 Ribu per Kg.

Hulondalo.id – Harga cabai rawit atau rica di sejumlah pasar tradisional di Gorontalo kian meroket. Rata-rata harga komoditi pedas ini mulai menembus angka Rp 90 Ribu per Kg.

Seperti pantauan di pasar sentral Kota Gorontalo, Selasa (29/6/2021), harga rica dipatok mulai Rp 85 Ribu per Kg. Sementara di pasar Liluwo dan pasar tradisional Limboto sudah mencapai Rp 90 Ribu per Kg. Sedangkan di pasar tua Biawu rata-rata sudah menyentuh angka Rp 95 Ribu per Kg.

Sejumlah pedagang pun beralasan, kenaikan harga rica yang paling utama karena dipengaruhi perubahan musim di mana produksi dari petani rata-rata masih belum maksimal.

Namun pedagang mengklaim soal permintaan dari luar daerah untuk saat ini justru berkurang mengingat harga lokal yang masih lebih menarik.

“Sekarang harganya (di tingkat petani) kita ambilnya rata-rata Rp 70 Ribu per Kg. Ada info harga yang di bawah itu, sekitar Rp 60 Ribu, tapi di wilayah Bolmong Utara sana,” ujar Umar Pou, salah seorang pedagang rempah di pasar tradisional Gorontalo.

Hal senada juga diungkapkan Tiwi Ibrahim, pedagang lainnya. Meski harganya mulai melejit, permintaan masyarakat masih cukup normal. Itu juga berlaku untuk komoditas tomat meski harganya mulai merangkak naik belakangan ini.

“Saya jual eceran, masih lumayan lancar,” katanya.

Tiwi justru memprediksi, kenaikan harga rica akan tetap bertahan, bahkan justru cenderung meroket menjelang hari raya Idul Adha nanti.

“Itu sudah hukum pasar, hari raya orang banyak kebutuhan. Kalau stok kurang, harganya bisa naik,” tandasnya.(Opin)