Museum Purbakala Provinsi Gorontalo Gelar Seminar Kajian Naskah Numismatika & Geologika

Museum Purbakala Provinsi Gorontalo Gelar Seminar Kajian Naskah Numismatika & Geologika

08/07/2021 14:13 0 By Maman

Suasana pelaksanaan Seminar Kajian Naskah Numismatika dan Geologika yang digelar Museum Purbakala Provinsi Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Seminar mengkaji Naskah Numismatika dan Geologika digelar Museum Purbakala Provinsi Gorontalo. Seminar yang diawali dengan kajian Naskah Numismatika kemudian Naskah Geologika ini, dibuka Kepala Bidang SMA Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Drs. Roni Mamu, Rabu (7/7/2021).

Koleksi numismatika terdiri dari, benda-benda kuno seperti uang kertas, koin kuno dan token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Numismatik juga mempelajari antara lain, sejarah mata uang, cara pembuatannya, ciri-ciri, variasi yang ditemukan, pemalsuannya, sejarah politik terbentuknya mata uang.

Kajian naskah ini menghadirkan narasumber Tim Pengkaji dari Tenaga Ahli Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Seminar ini juga menghadirkan narasumber pembanding dari Kepala BPCB Mohammad Nasir dan BI yang diwakili Kepala Seksi PUR BI Perwakilan Provinsi Gorontalo, dan Kepala Museum Sulawesi Tengah, Drs. Iksam Dj. Djorimi, M.Hum.

Kegiatan  ini juga diikuti peserta dari berbagai unsur seperti, Dosen, Mahasiswa, Guru Sejarah dan Kepala Sekolah.

Salah seorang narasumber Bohanis Ramina mengatakan, seminar numismatika menjadi pembahasan yang seru, karena membahas tentang mata uang yang digunakan sehari-hari, yang juga menjadi alat nilai tukar. Uang juga berkaitan dengan gaya hidup, seperti kolektor yang menyimpan atau mengumpulkan uang bukan karena dari nominal tetapi dari sejarah simbol budaya.

“Numismatika ini bisa bermanfaat buat guru yang nantinya bisa dijelaskan kepada siswa, bagaimana sejarah uang itu ada sampai dengan sekarang, dan juga buat mahasiswa bisa menjadi bahan skripsinya nanti yang bisa dilihat langsung di Museum Purbakala Provinsi Gorontalo,” ucap Bohanis.

Sesuai jadwal, kajian naskah numismatika akan digelar Rabu hingga Kamis (8/7/2021) dan kajian geologika akan dilakukan pada Jum’at (9/7/2021) dan Sabtu (10/7/2021). (Man/Adv)