Musim Haji, Penukaran Riyal di Money Changer Gorontalo Mulai Ramai

Musim Haji, Penukaran Riyal di Money Changer Gorontalo Mulai Ramai

16/07/2019 07:42 0 By Alex

Penukaran valuta asing Riyal Arab Saudi di satu-satunya money changer di Gorontalo, PT Haji La Tunrung yang beralamat, jalan HB Jassin, Kota Gorontalo.

Hulondalo.id – Jelang musim keberangkatan haji 2019, penukaran valuta asing terutama mata uang Riyal di Money Changer atau Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB) mulai ramai di Gorontalo.

Para jemaah calon haji (JCH) asal Gorontalo, rata-rata memburu mata uang Arab Saudi itu dalam nominal pecahan kecil. Satu-satunya Money Changer resmi yang beroperasi di Gorontalo, PT Haji La Tunrung AMC pun mengakui hal itu.

“Penukaran Riyal ini tidak hanya saat musim haji saja, tapi kami buka setiap hari kerja karena banyak masyarakat Gorontalo yang melaksanakan ibadah umroh,” kata Handayani, karyawan PT Haji La Tunrung kepada Hulondalo.id, Senin (15/7/2019).

Khusus di PT Haji La Tunrung yang beralamat di Jalan HB Jassin, Kota Gorontalo, penukaran dari mata uang rupiah ke Riyal senilai Rp 4.200,-. Besaran penukaran mata uang Riyal tersebut bisa berubah sewaktu-sewaktu.

Handayani mengaku, rata-rata warga Gorontalo yang menukar mata uang rupiah belakangan ini mencapai lebih dari 30 Riyal Arab Saudi. Saat ini, warga yang datang menukar Riyal baru mencapai belasan orang. Namun, sesuai dengan tradisi pada tahun-tahun sebelumnya, puncaknya akan terjadi beberapa hari menjelang JCH Gorontalo masuk mess haji.

“Memang yang datang (saat ini) dalam sehari bisa 6 sampai 7 orang. Tapi mereka datang biasanya juga membawa titipan dari teman-temannya atau keluarganya. Nah, kalau tahun-tahun sebelumnya, bisa sampai 30 Ribu Riyal yang terjual per hari saat dekat-dekat para jemaah masuk mess haji,” tambah Handayani.

PT Haji La Tunrung pun tidak membatasi pembelian maupun penjualan valuta asing. Mereka melayani sesuai dengan kebutuhan nasabah tanpa ada paket-paket khusus.

Razwina Mahmud, salah seorang JCH asal Gorontalo mengaku akan menukar rupiah  ke Riyal karena untuk memenuhi kebutuhan selama berada di tanah suci Mekkah. Warga Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo itu mengaku membutuhkan Riyal dalam pecahan kecil.

“Jadi untuk kebutuhan dan juga untuk sedekah,” katanya.(Tri)