Naik Perahu Karet, Mensos Risma Salurkan Bantuan Banjir di Kabupaten Gorontalo

Naik Perahu Karet, Mensos Risma Salurkan Bantuan Banjir di Kabupaten Gorontalo

30/09/2021 01:00 0 By Maman

Mensos Risma Bantuan Banjir

Mensos RI, Tri Rismaharini saat menyalurka bantuan untuk warga terdampak banjir. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini menyalurkan langsung bantuan kepada korban banjir di dua lokasi di Kabupaten Gorontalo yakni, Kelurahan Kayubulan Kecamatan Limboto dan Desa Buhu Kecamatan Telaga Jaya.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mendatangi langsung warga yang terdampak banjir, serta memberikan sejumlah bantuan berupa peralatan dapur, makan siap saji, kasur, selimut, makanan untuk bayi dan balita. Risma mengatakan, dapur umum yang dibangun saat ini sudah beroperasi selama dua minggu untuk membantu korban banjir.

“Dapur umum ini bentuk perhatian pemerintah bagi warga terdampak banjir,” ujar Mensos.

Terkait penanganan banjir, Risman meminta agar terlebih dahulu memastikan akar penyebab banjir. Hasil peninjauannya dilapangan bahwa, lokasi pembangunan rumah warga dulunya merupakan Danau Limboto.

“Dulunya ini Danau Limboto, sehingganya daerah ini daerah cekung, ada perbedaan ketinggian, agar banjir tak terjadi lagi, saya minta kepada Bupati Gorontalo agar mengusulkan pembangunan tanggul,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengungkapkan, dalam kunjungan Mensos RI ada beberapa hal yang disampaikan yakni, terkait darurat bencana utamanya penyaluran bantuan serta pembangunan tanggul.

“Pembangunan tanggul ini melalui Dinas PUPR dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi II, kami akan melakukan koordinasi dengan BWSS, dengan harapan banjir ini tak terjadi lagi,” tandas Nelson. (Pin)