Nasabah PT PNM Dikenalkan Strategi Kemitraan B2B, Apa Itu?

Nasabah PT PNM Dikenalkan Strategi Kemitraan B2B, Apa Itu?

12/02/2019 21:10 0 By Alex

PT PNM cabang Manado

Nasabah binaan ULaMM Kota Gorontalo, Bone Bolango dan Telaga-Kota ketika mengikuti kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha oleh PT PNM cabang Manado.

Hulondalo.id – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Manado kembali menggelar kegiatan pelatihan kepada nasabah binaan produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM). Pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) bertema Strategi Kemitraan Pelaku UMKM itu digelar di Cafesera, Kota Gorontalo, Selasa (12/2/2019).

Pada pertemuan ini, PT PNM cabang Manado bertatap muka dengan nasabah binaan ULaMM Kota Gorontalo, ULaMM Bone Bolango dan ULaMM Telaga-Kota. Kali ini, PT PNM cabang Manado menghadirkan akademisi dari Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Andi Juana.

“Sesuai dengan tema hari ini, materi yang saya berikan kepada nasabah binaan ULaMM adalah lebih fokus pada kemitraan B2B atau bisnis to bisnis,” ujar Andi Juana kepada Hulondalo.id.

Menurutnya, dengan strategi kemitraan B2B, para pelaku usaha akan saling memberdayakan satu sama lain dalam melebarkan sayapnya. Contoh, kata Andi Juana, bagaimana seorang pengusaha ayam kampung bisa bermitra dengan pengusaha rumah makan.

“Intinya disini adalah kolaborasi. Memberdayakan satu sama lain. Dan strategi kemitraan B2B ini, bisa menekan ongkos produksi juga,” kata dosen yang mengajar di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi UNG itu.

Sebelumnya, tujuan kegiatan PKU yang diselenggarakan PT PNM cabang Manado ini tidak lain untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan nasabah binaan dalam rangka mengembangkan usahanya. Dan melalui program PKU, PT PNM cabang Manado memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah.

Dan tak lupa pula, nasabah binaan baik ULaMM Kota Gorontalo, Bone Bolango dan Telaga-Kota, kembali mendapatkan doorprize menarik dari PT PNM cabang Manado.(Alex)