Nelayan Andon Gorontalo dan Sulteng Kian Dipermudah

Nelayan Andon Gorontalo dan Sulteng Kian Dipermudah

26/11/2019 23:28 0 By Alex

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara DKP Gorontalo dan DKP Sulteng terkait Andon Penangkapan Ikan untuk Kapal Kurang dari 30 GT. (F. Yanto/DKP)

Hulondalo.id – Nelayan Andon, atau nelayan dengan kapal berukuran maksimal 30 Gross Tone (GT) dari Gorontalo dan Sulawesi Tengah (Sulteng) kini bisa sama-sama menangkap dan mendaratkan ikan dengan lega.

Itu menyusul ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo dan DKP Sulteng terkait Andon Penangkapan Ikan untuk Kapal Kurang dari 30 GT, Senin (25/11/2019).

“Kerjasama ini sebenarnya sudah lama direncanakan, bahkan sebelum saya menjabat sebagai kepala dinas (DKP). Alhamdulillah, sekarang sudah terealisasi,” kata Kepala DKP Provinsi Gorontalo Sila Botutihe.

Ditambahkan Sila, bahwa sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk memberikan kemudahan kepada para nelayan dalam mencari ikan.

“Di mana ikan beruaya, maka di situ nelayan berada. Nelayan itu menangkap ikan dan pemerintah memberikan kemudahan,” tambah Sila.

Terpisah, Kepala DKP Sulteng M Arief Latjuba mengatakan, dengan adanya kerjasama ini maka tentunya para nelayan Sulteng bisa saling mengakses Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) Andon dengan terlebih dahulu mengurus surat keterangan.

Setelah perjanjian kerjasama ini, sudah terdapat 30 nelayan Gorontalo dan 15 nelayan Sulteng yang akan segera mengurus surat keterangan untuk penerbitan SIPI Andon.

Perjanjian kerjasama itu juga turut dihadiri pelaku usaha perikanan dan nelayan Andon Gorontalo.(adv/alex)