Nelson Cuti Pilkada, Kendali Sementara di Penjabat Bupati

Nelson Cuti Pilkada, Kendali Sementara di Penjabat Bupati

22/09/2020 20:26 0 By Syakir

Pilkada serentak (ilustrasi)

Hulondalo.id – Pemerintah Kabupaten Gorontalo diminta segera mengusulkan nama penjabat bupati ke Gubernur Gorontalo, menyusul akan cutinya Bupati Nelson Pomalingo yang akan mencalonkan diri kembali di pilkada untuk periode kedua.

Permohonan cuti di luar tanggungan negara dari Bupati Nelson Pomalingo yang diusulkan ke Gubernur Gorontalo, akan menjadi dasar proses penentuan penjabat bupati untuk mengisi kekosongan pemerintahan.

Nantinya Gubernur akan menunjuk Penjabat sementara bupati di Kabupaten Gorontalo, berdasarkan Permendagri nomor 1 tahun 2018, perubahan Permendagri nomor 74 tahun 2016 tentang cuti di luar tanggungan negara bagi kepala daerah.

Jika akan mengutus Penjabup untuk mengisi kekosongn pemerintahan, informasi yang diperoleh Hulondalo.id, ada beberapa nama eselon II yang berpeluang mengisi posisi itu. Diantaranya, Kadis PMD Dukcapil Slamet Bakri, Sul Moito atau Kadis Sosial Risjon Sunge.

Sementara yang dipersiapkan menjadi Penjabat Bupati di Kabupaten Bone Bolango adalah Mohamad Nadjamudin, Faisal Lamakaraka dan Sukri Botutihe. (man)