Nelson Pomalingo Lolos, Bawaslu Bakal Hadapi DKPP

Nelson Pomalingo Lolos, Bawaslu Bakal Hadapi DKPP

18/10/2020 00:24 0 By Syakir

Komisioner Bawaslu Kabupaten Gorontalo

Hulondalo.id – KPU Kabupaten Gorontalo akhirnya memutuskan Nelson Pomalingo ‘Tak Bersalah’ dalam tuduhan pelanggaran penyalahgunaan wewenang. Serangan pun berbalik, Bawaslu justru kini akan menghadapi laporan penasehat hukum ke Dewan Kehormatan Pelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

“Dari putusan KPU ini kami mempunyai hak untuk melakukan tindak lanjut atas rekomendasi Bawaslu. Yaitu melapor Bawaslu ke DKPP, ” tegas Nelson saat menggelar Konfrensi pers PPP Center, Sabtu (17/10/2020).

Sementara itu, kuasa hukum pasangan Nelson Pomalingo-Dadang Hemeto (NDH), dasar laporan ke DKPP karena pihaknya sangt yakin Bawaslu sudah mengeluarkan putusan yang janggal dan tergesa gesa.

“Jika ada keputusan bahwa KPU memilki kesalahan dalam administrasi maka harus jelas sangkaannya, baik dari segi aturan maupun tahapan yang diduga ada pelangaran,” kata Feldy.

Dia juga meyakini, apa yang sudah disodorkan ke KPU Kabupaten Gorontalo terkait syarat pencalonan di Pilkada, semua sudah terpenuhi.

Ditanya soal putusan KPU, Feldy menegaskan bahwa pihaknya sejak awal sudah meyakini, kalau Bawaslu tidak mempunyai dasar yang kuat untuk memberikan sanksi administrasi baik terhadap Paslon maupun KPU.

“Hasil keputusan KPU Kabupaten Gorontalo yang telah melakukan verifikasi, monitoring, sufervisi dan penelitian terhadap rekomendasi akan menjadi bukti tambahan. Pasalnya, apa yang telah dilakukan Bawaslu berakibat pada pelanggan kode etik,” tandas Feldy. (opin)