Nelson: Potensi Boliyohuto Sangat Luar Biasa

11/11/2019 11:06 0 By Maman

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghadiri Rapat Persiapan Pembentukan DOB Boliyohuto. (hms)

Hulondalo.id- Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yakin, jika potensi yang ada di Boliyohuto, sangat luar biasa. Baik itu, dari sisi wilayah, ekonomi dan SDM hingga, infrastruktur.

Nelson mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo mendukung sepenuhnya Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Boliyohuto Cs. Selama ini, keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gorontalo kurang lebih empat tahun, dibawah kepemimpinannya tak hanya memikirkan kemiskinan turun, pengangguran turun, investasi dan ekonomi naik, termasuk APBD setiap tahun mengalami kenaikan.

“Mendukung aspirasi masyarakat dalam rangka lahirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) Boliyohuto juga bagian dari yang saya lakukan selama ini,” kata Nelson dalam rapat dan diskusi dengan masyarakat Boliyohuto Cs, pembahasan persiapan pembentukan DOB Kabupaten Boliyohuto Provinsi Gorontalo.

Nelson juga menjelaskan, wilayah Boliyohuto Cs ini terus berkembang. Dari sisi SDM, potensi wilayah, infrastruktur, ekonominya terus mengalami kenaikan. Bahkan jika dibandingkan dengan ibukota Kabupaten Gorontalo, Limboto, diwilayah ini sudah ada mall.

“Melihat perkembangan yang ada, saya berpikir ini harus dimekarkan,” ungkap Nelson.

Karena itu, dukungan serta doa dari masyarakat Kabupaten Gorontalo diharapkan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Bahkan kata Bupati, dalam rangka mempercepat lahirnya DOB Boliyohuto, pemerintah Kabupaten Gorontalo telah membentuk tim pendamping.

“Tim pendamping ini bukan tim percepatan, Ketuanya Asisten Pemerintahan Selmin  Papeo dan Sekretarisnya Kepala BKD- DIKLAT Safwan Bano,” ungkap Nelson.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga tengah menyiapkan pembangunan perguruan tinggi di calon DOB tersebut. Tak cuma itu, APBD perubahan 2019 dan APBD 2020, juga telah mengalokasikan anggaran dalam rangka pembentukan DOB tersebut.

Nelson berharap, koordinasi dan komunikasi antara presidium, pendamping dan pemerintah daerah terus ditingkatkan. Demikian pula, untuk terus melakukan kajian-kajian terkait syarat dan administrasi yang akan dipaparkan dipusat sana.

“Wacana pembentukan DOB Boliyohuto ini, muncul sejak 10 tahun silam, secara otomatis sudah banyak perubahan terkait peta wilayah dan sebagainya,” ujar Nelson.

Perubahan itu yang kemudian perlu dikaji kembali, sehingga data dipusat juga akan dirubah ketika tim memaparkan kembali hasil kajiannya.

Sementara itu, Perwakilan Presidium Pembentukan Boliyohuto Wahid Badu menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, yang terus memberikan dukungan sepenuhnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri, Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Warsito, anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Asisten I Setda Kabupaten Gorontalo Selmin Papeo, Camat Boliyohuto Grup, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Ika/Adv)