Nelson Promosi Potensi Pariwisata Kabupaten Gorontalo di Festival Pesona Bunaken

Nelson Promosi Potensi Pariwisata Kabupaten Gorontalo di Festival Pesona Bunaken

18/07/2019 18:28 0 By Maman

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyampaikan pesan dan kesannya terhadap Festival Pesona Bunaken. (hms)

Hulondalo.id- Festival Pesona Bunaken, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo secara langsug mempromosikan potensi pariwisata di daerah yang dipimpinnya. Pada momen itu juga, Nelson mendapat kehormatan untuk menyampaikan pesan dan kesan terkait festival tersebut.

“Manado merupakan pintu gerbang pariwisata Indonesia timur, sehingga saya yakin melalui kegiatan ini dapat mengangkat potensi pariwisata tidak hanya di Sulut saja, tetapi juga daerah lain di Indonesia timur termasuk Gorontalo,” ujar Nelson mengawali sambutannya di Manado Town Square, Kamis (18/07/2019).

Nelson juga berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, lebih semarak dan lebih variatif lagi. Kabupaten Gorontalo kata dia, sangat bangga dapat turut serta dalam event tahunan Pemprov Sulut tersebut.

“Tidak hanya diikuti Sulawesi Utara dan Gorontalo saja, tetapi juga ada daerah dari pulau Jawa, ini kebanggaan bagi kami,” ucap Bupati yang juga guru besar tersebut.

Promosi sejumlah potensi pariwisata yang juga telah menjadi ikon Gorontalo disampaikan Nelson saat itu antara lain, baju krawang, kopiah keranjang.

“Saat ini kami juga tengah mendorong kerajinan kopiah eceng gondok, kebetulan kami punya Danau Limboto yang sudah dipenuhi eceng gondok, sehingga bagaimana eceng gondok ini dapat bernilai ekonomis,” tukas Nelson.

Nelson juga memperkenalkan kuliner khas Gorontalo seperti binthe biluhuta dan destinasi wisata andalan Kabupaten Gorontalo, diantaranya Pentadio Resort, Hutan Pinus Dulamayo serta Menara Pakaya yang mirip seperti Menara Eiffel di Paris.

Gorontalo tambah Nelson, sebagai adik kandung dari Sulawesi Utara tentu berharap dapat merasakan kemajuan yang dialami oleh Sulawesi Utara.

“Kami berharap, nantinya dapat terjadi sirkulasi pariwisata tidak hanya antara Gorontalo dan Sulawesi Utara tetapi juga daerah daerah lain di Indonesia,” ungkap Nelson.

Karenanya, Pemkab Gorontalo kata dia, juga punya event tahunan yang mirip dengan Festival Pesona Bunaken yaitu, Festival Pesona Danau Limboto, yang rutin digelar setahun sekali.

“Festival ini akan kami gelar pada akhir September, mudah-mudahan kami akan mengundang seluruh daerah termasuk juga Bolaang Mongondow untuk turut berpartisipasi,” pungkas Bupati Nelson. (Ika)