New Normal, Dinkes Tulungagung Pastikan Produksi Pangan Layak Dikonsumsi

New Normal, Dinkes Tulungagung Pastikan Produksi Pangan Layak Dikonsumsi

30/06/2020 15:45 0 By Maman

Kasi Bidang Farmasi Dinkes Tulungagung, Masduki M. Kes.

Hulondalo.id (Tulungagung) – Keamanan pangan, hal terpenting yang juga harus dilakukan menyambut tatanan masyarakat baru atau new normal. Dinas Kesehatan Tulungagung berupaya memastikan hal itu.

Salah satunya dengan menggelar Bimtek tentang Keamanan Pangan, Selasa (30/06/2020).

“Setelah kita dapat kepastian dari BPOM bahwa anggaran untuk pengawasan obat dan makanan tidak dilakukan refocusing, jadi langkah awal kita laksanakan di bulan Juni ini dalam rangka kegiatan pos market,” kata Kasi Bidang Farmasi Dinkes Tulungagung, Masduki.

Menurut Masduki, keamanan pangan harus dilakukan diseluruh mata rantai, mulai dijalur produksi, distribusi, termasuk retail. Ini kata dia, untuk memastikan produk-produk pangan yang sudah terjamin mutu keamanannya di tahap produksi, juga tetap terjamin dirantai distribusi.

Pria ramah ini berharap semua produk pangan yang sudah terjaga di tingkat produsen tetap aman sampai di retail, hingga layak dikonsumsi oleh masyarakat Tulungagung, serta memberi manfaat kesehatan, meningkatkan imunitas, dan menjaga generasi muda supaya menjadi SDM yang handal.

Bimtek tersebut direncanakan akan menghadirkan 160 peserta, yang dibagi menjadi 3 tahap. Peserta merupakan pelaku UMKM termasuk sarana produksi, distribusi dan retail.

Sementara itu, selama pandemi Covid-19 ini lanjut Masduki, Dinkes terbatas dengan audit sarana. Namun setelah ada kelonggaran, audit sarana sudah bisa dilakukan lagi. Karenanya, keterlambatan ijin-ijin usaha karena terkendala dengan audit sarana tersebut.

“Jadi, sesuai SOP 2 hari terbit, sudah bisa kita laksanakan,” tutupnya. (MO)