New Normal Sektor PTSP Pemprov Sulteng Diakui, Juara 1 Lomba Inovasi Daerah

New Normal Sektor PTSP Pemprov Sulteng Diakui, Juara 1 Lomba Inovasi Daerah

23/06/2020 19:21 0 By Maman

Piagam Penghargaan untuk Pemprov Sulteng Juara 1 Lomba Inovasi Daerah. (foto:hms)

Hulondalo.id (Sulteng) – Sektor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dikelola Pemprov Sulawesi Tengah, diakui ditingkat nasional. Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru, daerah yang dipimpin Longki Djanggola ini meraih Juara 1 Sektor PTSP.

Senin (22/6/2020), penghargaan kepada Pemprov Sulteng ini disampaikan Mendagri Tito Karnavian kepada kepala daerah atau yang mewakili. Tito mengatakan, lomba ini digelar bersama Kemenkeu, Kemenkes, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kemen PANRB, Kemendag dan BNPP.

“Kami berinisiatif untuk mengadakan lomba antar daerah untuk membuat protokol kesehatan Covid-19,” ujar Tito dalam pidatonya.

Pemerintah daerah juga kata dia, diminta untuk melakukan simulasi protokol tersebut. Lomba dibagi dalam tujuh kategori berdasarkan tujuh sektor kehidupan, yakni pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi publik, dan PTSP.

“Agar adil, maka lomba dibagi dalam empat kluster pemda, yakni lomba antarprovinsi, antarkota, antarkabupaten dan antarkabupaten perbatasan,” ungkap Tito.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan sambutan dalam acara pengumuman pemenang Lomba Inovasi Daerah. (foto:hms)

Pemda diminta untuk membuat video dengan durasi maksimal dua menit, yang menggambarkan protokol kesehatan dan simulasi di sektor yang diperlombakan. Pemda juga diberikan kebebasan untuk ikut dalam lomba di sektor-sektor yang diperlombakan, bahkan boleh mengirim video di tujuh sektor tersebut.

Selain menyusun protokol kesehatan dalam pembuatan video, juga melibatkan ahli kesehatan dan bekerjasama dengan stakeholder yang digarapnya di daerah masing-masing.

Juara pertama mendapatkan hadiah Rp. 3 miliar, juara kedua mendapatkan Rp. 2 miliar, dan pemenang ketiga mendapatkan Rp 1 miliar. Video pemenang akan disosialisasikan ke publik melalui media massa, termasuk media sosial sehingga dapat jadi model yang ditiru bagi pemda lain.

Tito berharap, video tersebut bisa memberikan kesadaran masyarakat untuk berinovasi dan juga beradaptasi, dengan tatanan kehidupan baru yang produktif dan aman dari bahaya Covid- 19.

Sejak gelar 29 Mei 2020 lalu, tercatat ada 2.517 video yang masuk dari semua pemda. Untuk sektor PTSP peringkat kedua diraih Kaltara dan dan ketiga Jateng. Atas prestasi ini, Pemprov Sulteng berhak mendapat Dana Insentif sebesar Rp. 3 miliar.

Selain Pemprov Slteng, Kabupaten Sigi juga mendapat juara untuk sektor Tempat Wisata. (man/hms)