Ngaku Dapat Bisikan Gaib, Pria Gorontalo Ini Tipu Korbannya hingga Ratusan Juta Rupiah

Ngaku Dapat Bisikan Gaib, Pria Gorontalo Ini Tipu Korbannya hingga Ratusan Juta Rupiah

25/03/2021 14:51 0 By Alex

Polda Gorontalo penipuan bisikan gaib

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono saat memberikan keterangan pers terkait kasus penipuan dengan modus dana amanah penyelamatan umat, Kamis (25/3/2021). (F. Opin)

Hulondalo.id – Dit Reskrimum Polda Gorontalo resmi menetapkan pria berinisial ML (40) sebagai tersangka atas dugaan kasus penipuan dengan modus mengumpulkan dana amanah untuk menyelamatkan umat.

Tak tanggung-tanggung, aksi tersangka yang merupakan warga Desa Toluwaya, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo itu berhasil meraup Rp 896 Juta dari para korbannya yang sudah diidentifikasi korps Tribrata itu.

“Dari 5 korban yang sudah teridentifikasi, yang bersangkutan sudah mengumpulkan dana amanah Rp 896.225.000,-. Dari 5 korban itu, baru 2 yang membuat laporan polisi. Tidak menutup kemungkinan masih ada korban-korban lainnya,” ucap Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono saat konferensi pers, Kamis (25/3/2021).

Aksi ML dimulai sejak awal Tahun 2020 silam. Awalnya, ML bertemu dengan UU dan S meminta menjadi jamaahnya dalam usaha mencari dana amanah untuk penyelamatan umat. ML mengaku bahwa dirinya mendapatkan bisikan gaib dalam bentuk simbol. Simbol itu harus dipenuhi dengan cara menyetorkan sejumlah uang.

“Misalnya simbolnya 3775, maka mengandung makna jamaahnya harus menyerahkan uang sebesar Rp 3.775.000,- kepada ML dengan janji uang amanah itu akan dicairkan dalam waktu beberapa hari kemudian,” terang Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono.

“Jadi selain modal yang diserahkan tadi, ML juga menjanjikan utang jamaahnya akan dilunasi sekaligus diberikan modal usaha,” tambah mantan Kapolres Bone Bolango itu.

Namun untuk memenuhi persyaratan tadi, jamaahnya harus rutin menyetorkan uang kepada ML sesuai simbol. Pada bulan Juli 2020, salah seorang jamaahnya, UU, tidak lagi memiliki uang. Maka ML meminta UU untuk mencari jamaah lain yang bisa memberikan uang untuk memenuhi persyaratan pencairan dana amanah sesuai simbol yang diterima ML.

“Dari situlah si UU ini mencari orang-orang untuk dimasukkan sebagai jamaah guna menghimpun uang mereka,” sambung Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono.

Setelah kasus ini dilaporkan kepada pihak yang berwajib, Polda Gorontalo berhasil mengidentifikasi sedikitnya 5 korban yang merupakan jamaah dana amanah bikinan ML.

Mereka masing-masing, ES dengan kerugian Rp 320 Juta, KT dengan kerugian Rp 181,7 Juta, ER dengan kerugian Rp 230 Juta, UU dengan kerugian Rp 120 Juta, dan AAA dengan kerugian Rp 17,5 Juta. Jika ditotal dari 5 korban ini, jumlahnya mencapai Rp 869,3 Juta.

Berdasarkan pengakuan ML yang katanya mendapat bisikan gaib, uang yang berhasil dikumpulkan untuk menyelamatkan umat itu ternyata malah digunakan untuk foya-foya. Salah satunya dengan asyik berkaraoke ria di salah satu tempat karaoke di Kabupaten Bone Bolango.(Opin/Alex)