Ngerii!! Dalam Sebulan, 19 Warga Tinelo Meninggal Dunia, Akibat Covid?

Ngerii!! Dalam Sebulan, 19 Warga Tinelo Meninggal Dunia, Akibat Covid?

28/08/2021 23:14 0 By Syakir

Hulondalo.id – “Innalillahi wa innailaihi rojiun… telah meninggal dunia,…” ini adalah penggalan kalimat pengumuman yang sering terdengar dari toa masjid, dalam waktu lebih dari sebulan terakhir. Hampir setiap hari ada yang meninggal dunia.

Dalam kurun sebulan terakhir, lonjakan kasus covid-19 di Provinsi Gorontalo memang cukup mengkhawatirkan, diikuti dengan angka kematian yang juga tinggi. Sampai sampai khusus Kota Gorontalo sendiri, diberlakuan status PPKM level 3.

Memang sebagian besar penyebabnya karena penyakit bawaan, namun sebelum meninggal para warga yang didominasi lansia itu, sempat demam hingga sesak nafas, mirip gejala covid-19.

Seperti terjadi di Desa Tinelo, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. Dalam sebulan, ada 19 orang warga desa ini yang meninggal dunia.

Menurut Kepala Desa Tinelo Melis H. Ali, SM, belasan warganya yang meninggal dunia itu rata rata memang sudah berusia lanjut. 15 orang adalah warga asli Tinelo, dan 4 orang sisanya hanya berdomisili, dan tinggal di salah satu kompleks perumahan yang ada di desa itu.

“Dari 19 warga yang meninggal, hanya 4 orang yang meninggal dalam keadaan positif Covid-19, sesuai yang diinformasikan oleh pihak rumah sakit dan satuan tugas Covid-19. Sisanya, itu meninggal diakibatkan dengan penyakitnya,” ungkap Melis kepada Hulondalo.id, Jum’at (27/8/2021).

Meski yang meninggal itu lebih banyak karena penyakit bawaan, tapi bagi Melis itu adalah momentum dirinya untuk gencar mengajak warganya untuk ikut vaksinasi covid-19, khususnya mereka yang berada di usia rentan, seperti anak anak dan lansia.

Sampai saat ini khusus di Desa Tenilo kata Melis, capaian vaksinasi sudah 25%. Namun, sesuai informasi ada juga warga yang sudah melakukan vaksinasi diluar mulai di Polda Gorontalo, Polsek, kejaksaan dan tempat-tempat vaksinasi lainnya.

“Nah, warga tersebut yang belum kami data saat ini. Namun, akan dilakukan pendataan sesuai dengan target atau capaian vaksinasi di Kabupaten Gorontalo,” terangnya.

Untuk Provinsi Gorontalo sendiri, Covid-19 hingga Minggu (28/8/2021), mencapai 11.019 yang terkonfirmasi positif, sembuh 9.747, kasus aktif 862 dan meninggal berjumlah 409 warga.(Inkri)