Normalisasi Sungai Bolango & Bone, Marten: Butuh Dukungan, Termasuk Warga Pesisir Sungai

Normalisasi Sungai Bolango & Bone, Marten: Butuh Dukungan, Termasuk Warga Pesisir Sungai

21/09/2021 19:20 0 By Maman

Kunker Gubernur Normalisasi Sungai Bolango dan Bone

Walikota Gorontalo, Marten Taha saat memberikan sambutan dalam acara kunker Gubernur Gorontalo dalam rangka evaluasi kegiatan pekerjaan pengendalian banjir di Kota Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pekerjaan proyek pengendalian banjir berupa normalisasi Sungai Bolango dan Bone di Kota Gorontalo mulai dikerjakan. Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengatakan, proyek ini butuh dukungan masyarakat, termasuk masyarakat yang bermukim dipesisir sungai tersebut.

“Ini aspirasi kita di tahun 2020, karena di Kota Gorontalo sering terjadi banjir, saat ini sudah direalisasikan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Sungai dana APBN,” ungkapnya, Selasa (21/9/2021).

Wali Kota menjelaskan, dipesisir sungai itu ada 19 rumah. Begitu juga di Kelurahan Bugis ada sekitar 10 rumah dan tambatan perahu. Terhadap kondisi itu, Walikota mengatakan, perlu ada diskusi dengan masyarakat setempat.

Pada akhirnya kata Marten, masyarakat setempat hanya meminta ganti rugi. Namun kata Walikota, harus ada data terlebih dahulu.

Wali Kota dua periode ini juga menuturkan, pembangunan ini harus tetap jalan. Jika ada kendala pembebasan, harus dilewati sambil menunggu adanya penyelesaian dengan masyarakat, dan pekerjaan jangan terhenti.

“Kami, pemerintah provinsi dan kota sama-sama menanggulangi bencana ini, sebab skema ini berbeda dengan revitalisasi Sungai Bolango, karena di akhir tahun ini anggaran sudah habis,” terangnya.

“Nah, sambil menunggu tahapan berikutnya, balai tetap bekerja apa yang sudah bisa dikerjakan, kawasan tanpa menunggu pembebasan lahan tersebut,” tuturnya. (Inkri)