Normalisasi Sungai Bulango Ditargetkan Selesai Tahun ini

Normalisasi Sungai Bulango Ditargetkan Selesai Tahun ini

10/01/2020 20:56 0 By Syakir

Pengerjaan proyek normalisasi sungai Bulango. (f.istimewa)

Hulondalo.id – Kawasan sungai Bulango yang melintas di wilayah Kota Gorontalo, rencananya akan dijadikan lokasi wisata. Sesuai rencana, proyek revitalisasi normalisasi Sungai Bolango sendiri yang realisasinya sudah 90 persen, ditargetkan selesai tahun ini.

“Tahun 2020 ini pekerjaannya selesai. Pada beberapa titik akan dibangun ruang publik yang bisa dimanfaatkan masyarakat, Termasuk mereka yang ingin membuat kegiatan di kawasan tersebut,” kata Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Kota Gorontalo, Ridwan Akase, Jum’at (03/01/2020).

Proyek yang dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi II, sudah pada tahap pengerjaan pemasangan tiang pancang.

“Sesuai dengan dokumen perencanaan, target normalisasi sungai ini sampai pada akhir tahun 2020. Namun diupayakan sebisa mungkin pekerjaan ini selesai sebelum akhir tahun 2020 supaya bisa dimanfaatkan masyarakat,” imbuhnya.

Ridwan juga memastikan, Pemerintah Kota Gorontalo tidak menghadapi kendala dalam pembebasan lahan untuk proyek tersebut. Sekitar 90 persen biaya ganti untung untuk pemilik lahan, sudah dibayarkan. Dan sisanya, akan ditunaikan tahun ini juga.

“Kami berharap kepada masyarakat, khususnya pemilik lahan yang masih menempati rumah atau lahan mereka, agar mendukung program yang dilaksanakan pemerintah kota Gorontalo,” paparnya lagi.

Proyek itu sendiri, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meminimalisir dampak banjir di Kota Gorontalo, akibat meluapnya air sungai Bulango. (adv)