ODHA Juga Bisa Diberi Vaksin Covid-19, Asal….

ODHA Juga Bisa Diberi Vaksin Covid-19, Asal….

04/02/2021 08:15 0 By Syakir

ilustrasi.

Hulondalo.id – Vaksin covid-19 juga bisa diberikan kepada orang dengan HIV Aids (ODHA) kata Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH. Namun, ada beberapa syarat yang harus mereka penuhi.

Sama seperti tenaga kesehatan, ODHA juga harus melewati pemeriksaan CD4 atau sel limfosit/sel kekebalan tubuh. Semakin tinggi CD4 maka kekebalan tubuh semakin baik, dan viral load HIV dalam tubuh rendah. Sebaliknya, jika CD4 dibawah 200 atau maka vaksin tidak akan diberikan.

“Ini penting untuk Screening awal, karena kekhawatirannya akan menimbulkan KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi” jelas dr. Yana.

Di Gorontalo sendiri kata Yana, Dinas Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo berinisiatif bekerja sama dengan laboratorium swasta, untuk pemeriksaan CD4 bagi ODHA.

Itu karena, reagen untuk pemeriksaan CD4 tidak lagi tersedia sejak akhir 2020, akibat dari refocussing anggaran. Disisi lain, daerah masih bergantung pada distribusi Kementrian Kesehatan.

“Alhamdulillah, pemerintah Provinsi Gorontalo memandang penting hal ini sehingga ditahun 2021 kita mendapat alokasi dana APBD untuk pemeriksaan tersebut” tandasnya. (adv)