OJK Masih Nyatakan Ilegal, Pengguna VTube di Gorontalo Wajib Hati-hati

OJK Masih Nyatakan Ilegal, Pengguna VTube di Gorontalo Wajib Hati-hati

30/07/2020 05:16 1 By Alex

VTube

Hulondalo.id – Apakah anda sobat HL salah satu pengguna VTube? Kalau begitu anda harus hati-hati. Sebab Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Satgas Waspada Investasi masih menyatakan investasi berbasis iklan itu merupakan 1 dari 99 entitas usaha ilegal yang dirilis belum lama ini.

Asal tahu saja, VTube merupakan sebuah aplikasi PT Future View Tech yang dirilis pada 15 April 2020, yang menjanjikan penghasilan kepada para member hanya dengan menonton video iklan dalam beberapa menit.

Yap, para member VTube dimungkinkan akan mendapatkan penghasilan dengan menyelesaikan misi menonton video iklan dengan durasi yang telah ditentukan.

Dari situlah VTubers akan mendapatkan poin yang nantinya dapat ditukar dengan uang tunai yang akan ditransfer via rekening. Besarannya pun berbeda-beda dan ditentukan berdasarkan level tertentu.

Memang pada awalnya pendaftarannya pun gratis dan hanya bermodal kuota paket data. Namun setelah 40 hari menyelesaikan misi menonton video iklan, para pengguna VTube akan ditawarkan harus membeli paket Bintang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

“Inilah yang mulai masuk ranah hati-hati. Ada pengumpulan dana, yaitu dengan menawarkan paket-paket tertentu agar penghasilannya lebih besar. Di sinilah yang akan membuat orang tergiur,” terang Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen, IKNB dan Pasar Modal, OJK Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutgomalut), Ahmad Husein ketika dihubungi Hulondalo.id, Rabu malam (29/7/2020).

Selain itu, para member VTube juga akan ditawarkan untuk mencari member baru dengan program refferal untuk menambah keuntungan. Siapa yang mendapatkan member terbanyak, penghasilannya juga akan lebih besar.

Ahmad Husein menegaskan, saat ini VTube statusnya masih ilegal meski tersiar kabar bahwa aplikator sedang dalam pengurusan izinnya. Selama masih melekat status ilegal tersebut, PT Future View Tech diminta agar menertibkan semua member dan menghentikan segala kegiatan usaha VTube.

“Untuk VTube belum ada normalisasi, jadi ini masih ilegal. Untuk penindakan kita akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, termasuk nanti di Gorontalo,” tambah Ahmad Husein.

Dia pun berpesan, agar masyarakat selalu melakukan cek dan ricek atas legalitas entitas bisnis yang menawarkan keuntungan berlipat ganda dalam waktu singkat dan tanpa resiko.

Dan untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi layanan konsultasi dan pengaduan OJK Provinsi Sulutgomalut dengan alamat Jalan Diponegoro No.51, Mahakeret Timur, Wenang, Manado, Sulawesi Utara, telp: 0431 848124, atau WhatsApp (chat only): 0815 2471 0858.(Alex)