OPD Pemkot Blitar Perkuat Inovasi Pelayanan Publik, Wujudkan Pelayanan Smart City

OPD Pemkot Blitar Perkuat Inovasi Pelayanan Publik, Wujudkan Pelayanan Smart City

23/11/2020 15:01 0 By Maman

Pelayanan Publik

Sekda Kota Blitar, Rudi Wijanarko memberikan wawasan Ing Ngarso Sung Tulodo untuk pelayanan publik di Pemkot Blitar. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Budaya memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat kata Sekda Kota Blitar, Rudi Wijanarko, semoga menjadi hobi bagi seluruh OPD dilingkup Pemkot Blitar. Dia juga mengingatkan kepada para ASN, tentang falsafah Jawa Tengah, yang berbunyi, Ing Ngarso Sung Tulodo Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani.

Artinya kata Sekda saat membuka acara penguatan pelayanan inovasi pelayanan publik dilingkup Pemkot Blitar, menjadi suri tauladan juga mampu membuka semangat, dan memberikan pertolongan kepada orang-orang di sekitarnya.

Rudi juga mengatakan, demi pelayanan publik yang lebih cepat, murah, dan lebih baik, maka inovasi tata kelola pemerintah daerah sesuai dengan satuan kerja masing-masing, dibutuhkan.

“Penguatan pelayanan publik akan terus didorong agar mampu melahirkan inovasi baru, yang mampu menjawab perkembangan zaman yang sangat dinamis,” kata Sekda di ruang Sasana Praja Kantor WaliKota Blitar acara di buka oleh Sekda Kota Rudi Wijanarko pada Senin, (23/11/2020).

Sebagai penyelenggara pelayanan publik kata Sekda, bukan hanya tantangan tentang peningkatan populasi penduduk, akan tetapi pemerintah dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pelayanan masyarakat.

“Kita harus antisipatif dan responsif untuk menghadapi risiko tersebut, contohnya dalam perubahan model pembelajaran di sekolah, karena adanya pandemi covid-19 banyak pihak melakukan perubahan dalam dunia pendidikan,” ungkapnya.

“Indonesia hanya dalam hitungan bulan dalam rangka menyampaikan materi belajar mengajar, harus melalui proses daring, kita dalam proses pelayanan masyarakat di era pandemi ini, harus bersedia berbagi ilmu tidak hanya teoritis maupun praktis, tetapi juga memberikan motivasi kepada aparatur,” tambahnya.

Kelihatannya kata Sekda dihadapan 47 peserta dari masig-masing OPD, memang sederhana, namun tampaknya positif bagi masyarakat. Kegiatan yang juga menghadirkan pembicara M. Nur dari Wahana Pendidikan Gresik ini, bertujuan memberikan pencerahan dan memotivasi daerah untuk menciptakan layanan publik. (Anang/Hms)