Optimalisasi Capaian Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di Gorontalo 

Optimalisasi Capaian Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di Gorontalo 

07/06/2021 22:05 0 By Syakir

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim bersama Kadikes, Kepala BPBD Provinsi Gorontalo rapat Virtual bersama Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (F.Inkri)

Hulondalo.id – Kendati sudah berupaya maksimal untuk mendorong program vaksinasi covid-19, namun capaian vaksinasi untuk lansia tidak terlalu tinggi, untuk Provinsi Gorontalo.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, vaksinasi untuk tenaga kesehatan (nakes) dan non tenaga kesehatan sudah mencapai 108%, pelayanan publik mencapai 90%, dan lansia itu sendiri 5% lebih.

“Saya minta masing-masing Kabupaten/Kota diharapkan nantinya melakukan terobosan Inovasi baru. Kata Idris, jangan menunggu pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas, namun langsung ke kelurahan/Desa yang ada. Sekaligus sosialisasi terhadap lansia yang nantinya harus segera di vaksinasi rentang covid-19. Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan supervisi dan monitoring dari pemerintah Provinsi Gorontalo,” ungkapnya, Senin (7/6/2021) usai rapat koordinasi bersama Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman mengatakan, untuk vaksinasi Gorontalo masuk peringkat ke 8.

“Namun demikian, belum mencapai 10% dari penduduk yang dilakukan vaksinasi, maka untuk itu perlu percepatan program vaksinasi ini yakni nakes, pelayanan publik dan terakhir bagi lanjut usia,” jelas Yana.

“Kita saat ini, memikirkan strategi atau Inovasi baru lagi dalam pelaksanaan program ini pada kelompok lansia,” imbuhnya.

Kedepan, kata Yana, kita sudah melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan sasaran berikutnya adalah tenaga pendidikan untuk dipersiapkan pembelajaran tatap muka bagi siswa di Gorontalo.

“Ketika Guru akan di Vaksinasi, diwajibkan untuk membawa lansia, agar berbarengan proses vaksinasi tersebut sesuai sasarannya,” singkat Yana. (Inkri/Adv)