OTP Wajib Waspada! Kapolda Gorontalo Terjunkan Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan

OTP Wajib Waspada! Kapolda Gorontalo Terjunkan Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan

05/10/2020 21:00 0 By Alex

Polda Gorontalo Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat mengukuhkan Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan di Mapolda Gorontalo, Senin (5/10/2020).

Hulondalo.id – Ini sejatinya menjadi sebuah ultimatum buat OTP alias Orang Tidak Pambadengar. Ya, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus akan menurunkan Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan untuk menyasar di sejumlah tempat-tempat kerumunan mulai besok, Selasa (6/10/2020).

Dibentuknya Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan ini sebagai bentuk keseriusan Polda Gorontalo untuk menindak tegas sekaligus memberikan efek jera bagi masyarakat yang cuek di masa pandemi Covid-19.

Nantinya, Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan tidak hanya melibatkan personel Polda Gorontalo saja, melainkan sampai ke tingkat polres jajaran dibantu oleh aparat TNI hingga Satpol PP.

“Dengan adanya peningkatan penyebaran Covid-19 di Provinsi Gorontalo yang sudah cukup tinggi. Diperlukan kesungguhan untuk menanganinya melalui upaya nyata dan komprehensip, salah satunya melalui penindakan terhadap masyarakat yang melanggar aturan terkait protokol kesehatan,” tegas Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat membentuk Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan di Mapolda Gorontalo, Senin (5/10/2020).

Mantan Wakapolda Jawa Barat itu berharap, penegakkan hukum yang akan dilakukan oleh Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan ini dapat memberikan efek jera bagi masyarakat yang melanggar sekaligus dapat meningkatkan wawasan masyarakat dalam kepatuhan protokol kesehatan untuk menekan tingginya penyebaran Covid-19 di Provinsi Gorontalo.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono mengatakan, tugas Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan di antaranya memberikan imbauan, teguran, pembubaran hingga penegakan hukum.

“Jadi mulai besok pagi (Selasa), tim sudah mulai bekerja menyasar lokasi-lokasi yang masih terjadi kerumunan,” ketus Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono.

Sebelumnya, Polda Gorontalo telah melakukan simulasi penegakan hukum protokol kesehatan yang mengacu pada UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan, UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular, pasal 212 sampai pasal 218 KUHP hingga Peraturan Daerah (Perda).

“Itulah nanti yang akan kita lakukan jika ditemukan pelanggar protokol kesehatan,” ujar mantan Kapolres Bone Bolango ini.

Sejalan dengan itu, Wahyu juga menegaskan bahwa pihaknya hingga Polres jajaran saat ini sudah tidak lagi mengeluarkan izin keramaian untuk mencegah kerumunan massa.

“Kami harap ini bisa dipahami dan dipatuhi masyarakat. Jika ditemukan masih terjadi kegiatan yang menimbulkan kerumunan maka kita akan tindak sesuai dengan ketentuan yang ada,” tegas dia.

Sebelumnya, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus melibatkan sedikitnya 250 personel dari berbagai satuan dalam membentuk Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan.(alex)