Pacu Proyek Jalur Lintas Selatan, Camat Bakung Pimpin Sosialisasi

Pacu Proyek Jalur Lintas Selatan, Camat Bakung Pimpin Sosialisasi

16/11/2020 20:37 0 By Maman

Sosialisasi JLS Camat Bakung

Camat Bakung, Raden Julison Pangestu didampingi camat Pucanglaban TulungAgung, Ali Moktar menyosialisasikan pembangunan JLS. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Memacu proyek infrastruktur Jalur Lintas Selatan (JLS), sosialisasi penting untuk dilaksanakan kepada masyarakat. Termasuk di Kecamatan Bakung yang menjadi bagian dari proyek tersebut.

Camat Bakung, R. Julison Pangestu memimpin langsung sosialisasi yang digelar Senin (16/11/2020), di di Pendopo Desa Bululawang kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Selain sosialisasi, kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk menyampaikan laporan perencanaan pelaksanaan pembangunan JLS sesi Kecamatan Bakung, dengan kecamatan Pucanglaban.

Sosialisasi kata Julison, sangat penting dilakukan, agar tidak terjadi gesekan antara masyarakat terdampak dan pemerintah. Kurang lebih 5,2 kilometer akan dilaksanakan pembangunan jalan dan jembatan tahun anggaran 2020-2021, untuk sesi kecamatan Bakung Blitar hingga Pucanglaban TulungAgung.

Untuk sesi Kecamatan Bakung sepanjang 5,2 Kilomete ini, ada dua desa yang terimbas pembangunan jembatan besar yaitu, di Ringin Bandulan di Desa Bululawang, serta 2 Golo dan Timan di Desa TumpakOyot.

“Luas jalur di Blitar Selatan yang dibangun oleh pusat sekitar 60 kilometer, selain jalan, juga akan memperbaiki jembatan, sekitar 13 titik jembatan menuju Blitar Selatan dibangun pemerintah pusat, saat ini, pembangunan juga hampir selesai,” kata Julison.

Nantinya kata Julison, JLS di Blitar Selatan ini akan melewati pantai, misalnya di Pantai Peh Pulo, dan Pantai Jebring. Itu semua kata Julison, pantai yang bagus. Namun kata Julison lagi, di Kabupaten Blitar hampir semua pantai bisa dilewati. Jadi, pembangunan jalur lintas selatan juga mendukung perbaikan infrastruktur di daerah ini.

Dia berharap, semoga proyek besar pembangunan jalur lintas selatan ini segera terrealisasi, agar potensi yang ada di wilayah selatan dapat dikembangkan. untuk menyejahterakan masyarakat pesisir selatan khususnya, dan menjadi sumber PAD bagi pemerintah daerah.

Sementara itu, rapat sosialisasi ini turut dihadiri Camat dan Kades Pucanglaban Kabupaten Tulunggung. Hadir pula 6 kades di Kecamatan Bakung dimotori koordinator Organisasi Perangkat Desa yaitu, Kades Sidomulyo, Yoyon Widianto, 5 kelompok LMDH diwilayah Bakung, Perwakilan Perhutani dan 10 petani yang tanahnya terimbas proyek tersebut.

Proyek JLS ini juga telah berjalan di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Blitar tahun ini. Meski masih tahap galian tanah atau buka lahan. (Anang/Kmf/Adv)