Pak Gub, Tolong Bangunkan RSJ di Kabupaten Gorontalo

Pak Gub, Tolong Bangunkan RSJ di Kabupaten Gorontalo

20/01/2021 14:47 0 By Syakir

Jubirsus Gubernur Novaliansyah Abdussamad (kanan) bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Hulondalo.id – Gubernur Rusli Habibie, diminta untuk membangun rumah sakit jiwa di Provinsi Gorontalo, seiring bertambahnya jumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di daerah ini.

Data Dinas Kesehatan mengungkap, total ODGJ di Gorontalo mencapai 1.648 jiwa, dan jumlah sebaran terbanyak ada di Kabupaten Gorontalo yakni 672 jiwa.

Diikuti Kabupaten Bone Bolango 272 jiwa, Kota Gorontalo 266 jiwa, Kabupaten Gorontalo Utara 160 jiwa, Kabupaten Pohuwato 152 jiwa dan terakhir Kabupaten Boalemo 126 jiwa.

Konon sempat ada permintaan ke Gubernur Rusli Habibie, untuk mempercepat pembangunan RSJ yang katanya diperuntukkan bagi mereka yang tidak bisa terima kekalahan di pikada. Itu dibenarkan Jubirsus Gubernur Novaliansyah Abdussamad.

“Jadi yang meminta (pembangunan RSJ) ke Pak Gubernur itu warga dari Kabupaten Gorontalo, mereka sudah melihat gejala-gejalanya besar disana,” ujarnya.

Walaupun itu bukan alasan utama, tapi Noval sepakat kalau kekalahan dalam pilkada berpotensi membuat orang mengalami gangguan jiwa. Sebut saja karena harapan yang kelewat besar, hingga tekanan untuk mengembalikan pinjman yang sebelumnya digunakan untuk logistik pilkada.

“Saya sependapat dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa faktor utamanya memang pinjaman berupa hutang, besarnya harapan untuk menang dan ada juga yang stres karena kalah,” tandasnya.

Sementara itu, walaupun sudah ada Rumah Sakit Tombolilato di Bone Bolango yang digunakan untuk merawak orang dengan gangguan jiwa, namun terhitung belum memadai. (*)