Pakai Masker dengan Benar dan Jaga Jarak Bisa Memutus Penularan Covid-19

Pakai Masker dengan Benar dan Jaga Jarak Bisa Memutus Penularan Covid-19

04/10/2020 21:15 0 By Alex

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole.

Hulondalo.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker saat beraktivitas menyusul tingginya penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Data Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo menyebutkan, hingga Sabtu 3 Oktober 2020 pukul 13.00 Wita, total warga Gorontalo yang positif virus corona berjumlah 2.775 orang, di mana 349 orang di antaranya sedang dirawat, 78 orang meninggal dunia dan 2.348 orang dinyatakan sembuh.

“Wajib hukumnya menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Saya imbau, warga tetap memakai masker dengan benar dan menjaga jarak. Dengan begitu kita sudah memutus rantai penularan Covid-19,” imbau Misranda, Ahad (4/10/2020).

Ditambahkan Misranda, komitmen masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat diyakini dapat menekan jumlah warga yang akan terpapar Covid-19.

Misranda pun memberi contoh untuk penggunaan masker, di mana tidak boleh digunakan secara bergantian orang per orang, meski pun dalam satu keluarga. Selain itu, masker juga tidak bisa digunakan berkali-kali dan tidak boleh dibuang di sembarang tempat.

Bagi masyarakat yang sering menyentuh bagian depan masker dan menariknya ke bawah dagu juga diimbau untuk tidak melakukannya lagi.

“Jika kita ingin sehat dan tidak ingin tertular Covid-19, marilah kita memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” harapnya.(adv/alex)