Pakai Pengeras Suara, Bupati Tolitoli Keliling Himbau Lawan Covid-19

Pakai Pengeras Suara, Bupati Tolitoli Keliling Himbau Lawan Covid-19

14/04/2020 16:47 0 By Maman

Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan saat menyampaikan himbauan secara langsung kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Hulondalo.id – Menggunakan mobil unit Public Address System Polres Tolitoli yang dilengkapi pengeras suara, Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, berkeliling menyampaikan himbauan, ajakan untuk bersama-sama melawan Covid-19.

Selasa (14/4/2020), orang nomor satu di Tolitoli turun langsung mempertegas himbauan pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada masyarakat Tolitoli. Ini dilakukannya agar seluruh masyarakat tergugah dan sadar diri akan posisinya sebagai garda terdepan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ada beberapa poin penting disampaikan Bupati saat itu, diantaranya tidak keluar rumah jika hal itu tidak penting atau mendesak. Kalau harus keluar rumah, maka wajib menggunakan masker serta menjaga jarak dengan orang lain.

“Cuci tangan menggunakan sabun sebelum mengusap wajah, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, rajin berolah raga, istirahat yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh,” kata Bupati.

Masyarakat yang mengalami gejala seperti demam dengan suhu badan 38 derajat atau lebih, disertai batuk atau bersin-bersin, sakit tenggorokan bahkan sampai sesak nafas, diminta Bupati tidak perlu malu atau segan untuk menghubungi petugas medis.

“Atau segera periksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan,” ungkap Bupati.

Penegasan juga disampaikan Bupati kepada para pedagang dan pihak-pihak tertentu, untuk tidak menimbun sembako. Kestabilan perekonomian jangan diganggu, apalagi hingga merugikan orang banyak.

“Tidak perlu panik dan cemas serta bijak dalam membagikan informasi khususnya melalui media sosial, untuk menangkal penyebaran berita-berita bohong atau hoax yang bisa meresahkan orang lain,” ujar Bupati.

Saat menyampaikan himbauan langsung ini, Bupati didampingi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli Arham A. Jacub yang juga sebagai Juru Bicara Pemerintah Daerah, serta Kepala Satuan Sabhara Polres Tolitoli Iptu Arifin. (Andis/Adv)