Pakai Sarung Tiap Jumat Pekan ke Empat, Hamim: Nanti Sarungnya Karawo

Pakai Sarung Tiap Jumat Pekan ke Empat, Hamim: Nanti Sarungnya Karawo

29/11/2019 10:08 0 By Alex

Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat memimpin apel HUT Korpri ke 48, HUT PGRI ke 74 dan peringatan Hari Guru Nasional di Alun-alun Pemkab Bonebol, Jumat (29/11/2019). (F. Sehe/Humas)

Hulondalo.id – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou menginstruksikan penggunaan sarung setiap bulan pada pekan ke empat hari Jumat untuk ASN, honorer dan aparat desa di Bonebol.

Hal itu pun sudah dimulai hari ini, Jumat (29/11/2019). Bupati Bonebol memimpin langsung upacara HUT Korpri ke 48, HUT PGRI ke 74 dan peringatan Hari Guru Nasional tingkat Kabupaten Bonebol. Ya, ribuan aparatur yang hadir di Alun-alun Pemkab Bonebol kompak menggunakan setelan putih-putih, lengkap dengan sarung. Hal ini dilakukan Bupati Bonebol semata untuk mengangkat budaya lokal.

Namun ternyata masih ada yang kurang dan belum “membumi”. Ya, mereka menggunakan sarung tenun, termasuk Bupati dan jajarannya.

“Kedepan saya akan dorong, nanti sarungnya pakai sarung karawo,” ketus Bupati Hamim Pou usai upacara.

Dengan instruksi menggunakan sarung karawo, Hamim berharap tidak hanya mengangkat budaya lokal. Melainkan ikut memberdayakan pengrajin karawo di bumi Serambi Madinah ini.

“Bayangkan, akan ada ribuan kain karawo yang disulam dalam bentuk sarung. Di Bonebol itu ada sekitar 3.000 pegawai, kalau harganya Rp 300 Ribu, suda ada Rp 750 Juta di tangan pengrajin,” jelas Hamim.

Dia berharap, pemandangan seperti ini tidak hanya dilakukan hari ini saja. Melainkan sekali setiap bulan di Bonebol, plus menggunakan sarung karawo.(Alex)