Pandemi Corona, DPR Setuju Tunda Pilkada Serentak

Pandemi Corona, DPR Setuju Tunda Pilkada Serentak

30/03/2020 22:07 0 By Syakir

Hulondalo.id – DPR RI akhirnya meminta pelaksanaan pilkada serentak 2020 ditunda. hal itu menjadi kesimpulan rapat kerja antara Komisi II DPR RI, Menteri Dalam Negeri,Komisi Pemilihan Unmum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada hari Senin (30/3/2020).

Dalam surat yang ditandatangani oleh lima pimpinan lembaga itu, sedikitnya ada 4 kesimpulan. Pertama, DPR RI menyetujui penundaan tahapan pilkada serentak, dengan pertimbangan persoalan pandemi corona (covid-19) yang dinilai belum terkendali.

Poin kedua, pelaksanaan pilkada lanjutan nanti, akan dilaksanakan atas persejutujuan bersama antara KPU, pemerintah dan DPR.

Ketiga, DPR meminta pemerintah menyiapkan payung hukum baru, berupa peraturan pemerintah pengganti undang undang (Perppu).

Keempat, Komisi II DPR meminta kepala daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak 2020, untuk merelokasi dana pilkada yang belum terpakai untuk penanganan pandemi covid 19.

Rapat dipimpin Ahmad Doli Kurnia Tanjung, dan dihadiri langsung Mendagri Tito Karnavian, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, dan Plt Ketua DKPP Muhammad.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasyid Sayiu saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya baru saja mengetahui hasil rapat di Komisi II DPR RI itu.

“yang pasti KPU Kabupaten Gorontalo akan patuh terhadap segala keputusan KPU RI. Dan apapun hasilnya kami siap laksanakan,” ungkap Rasyid.  (**)