Pandemi Covid-19, Ini Upaya Nyata Pemdes Bulango Raya Gorontalo Utara

Pandemi Covid-19, Ini Upaya Nyata Pemdes Bulango Raya Gorontalo Utara

10/05/2020 21:51 0 By Maman

Pemdes Bulango Raya saat membagikan tempat cuci tangan di rumah warga. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Masa pandemi Covid-19, selain membagikan masker dan tempat cuci tangan, Pemerintah Desa Bulango Raya Kecamatan Tomilito Gorontalo Utara, juga akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa.

“Dalam rangka pencegahan dan penanganan, kita membagikan masker dan tempat cuci tangan dimasing-masing rumah warga, seperti ember yang sudah dibuatkan keran, ada sabun, juga hand sanitizer,” kata Sekretaris Desa Bulango Raya Amir Ismail, Minggu (10/5/2020).

Untuk BLT bagi masyarakat yang terdampak covid-19 kata Amir, kini sementara menunggu postingan anggaran. Setelah itu akan dilakukan pengajuan penarikan dan penyaluran tahap pertama.

Kepala Desa Bulango Raya Kisman Ahmad Noe membagikan masker bagi masyarakat di desa yang dipimpinnya. (foto:istimewa)

Sebelumnya kata dia, Kepala Desa Bulango Raya Kisman Ahmad Noe, sudah melakukan pergeseran dana desa untuk pencegahan penanganan Covid-19. Ada beberapa kegiatan yang digeser, dan diganti dengan penanganan pencegahan Covid-19.

Jika posting anggaran di keuangan telah selesai, maka pemerintah desa akan melakukan pengajuan penarikan Bulan Pertama Tahap Pertama penyaluran bantuan tersebut.

“Total anggaran untuk pencegahan dan penanganan tersebut sekitar Rp. 100 juta lebih, sementara untuk BLT dari 30 persen total anggaran Dana Desa jumlahnya, Rp. 284 juta rupiah,” ungkap Amir.

Amir juga menjelaskan, data sementara calon penerima BLT kurang lebih 112 Kepala Keluarga. Mereka termasuk dalam kategori terdampak, dan tidak termasuk dalam bantuan sosial lainnya. Para kepala dusun juga diminta untuk mendata kembali.

“Pendataan ulang untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang tidak terakomodir dalam data tersebut, agar setelah ditetapkan, dalam Peraturan Kepala Desa, tidak akan ada keluhan yang tidak terdata,” ujarnya.

Disinggung terkait kriteria penerima bantuan, Amir menjelaskan, Pemerintah Desa diberikan kewenangan dalam menentukan kriteria tersebut. Dan itu akan diputuskan dalam forum musyawarah.

“Kriteria bisa kita pakai semua, tapi yang menentukan adalah forum musyawarah, diantaranya ada lembaga BPD beserta Pemerintah Desa,” jelasnya. (Prin)