Pandemi Covid-19, Marten-Ryan Sukses Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia

Pandemi Covid-19, Marten-Ryan Sukses Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia

02/06/2021 13:12 0 By Maman

Walikota Marten Papar Kinerja Dua Tahun Kepemimpinan

Walikota Gorontalo, Marten Taha bersama Wawali Gorontalo, Ryan F. Kono memaparkan capaian 2 tahun kepemimpinan di Kota Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Meski ditengah Pandemi Covid-19, kepemimpinan Marten Taha dan Ryan F. Kono (Matahari) di 2 tahun, mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kota Gorontalo.

“Kepemimpinan kami pasca dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo, waktu normal yang kita jalani dari 2019 hanya 7 bulan, masuk diawal tahun 2020 kita di landa oleh Covid-19,” kata Walikota Gorontalo, Marten Taha, usai memaparkan capaian 2 tahun kepemimpinan pemerintahan Matahari, Rabu, (2/6/2021).

Indeks pembangunan manusia kata Walikota, salah satu barometer untuk mengukur keberhasilan jalannya pembangunan suatu wilayah atau daerah.

IPM Kota Gorontalo kata Walikota, tahun 2020, 77,13% dan ditahun 2019 adalah 77,08%. Artinya kata dia, ada peningkatan dalam capaian ini, meski pandemi Covid-19.

“Ini menandakan sektor pendidikan, kesehatan, dan sektor ekonomi masih berjalan normal, dan itu mampu memberikan kontribusi terhadap indeks pembangunan manusia,” ungkap Walikota.

Begitu pada pembangunan infrastruktur. Walaupun dalam keterbatasan adanya realokasi, refocusing, serta pemangkasan berbagai macam anggaran, utamanya Dana Alokasi Khusus (DAK), Walikota mengatakan, Pemkot Gorontalo mampu memperlihatkan peningkatan, pengembangan dan perluasan infrastruktur yang ada.

“Bahkan, memasuki tahun 2021 ini, kita beroleh alokasi anggaran berupa dana Pemulihan Ekonomi Nasional sebesar Rp 294,5 miliar, ini saya tegaskan bahwa, perhatian pemerintah pusat dan perjuangan kita untuk mewujudkan apa yang menjadi target-target dalam RPJMD Kota Gorontalo, dan Alhamdulillah terealisasi apa yang menjadi harapan itu,” tegas Ketua DPD Partai Golkar Kota Gorontalo ini.

Walikota juga menjelaskan, ini menjadi komitmennya bagi masyarakat Kota Gorontalo bahwa, pembangunan untuk masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun, harus mencapai target tersebut.

“Walaupun Covid-19, kita tetap menjalankan kebijakan dan program yang menjamin keselamatan dan kesehatan rakyat, akan tetapi tetap menjaga stabilitas ekonomi itu berjalan dengan baik,” bebernya. (Inkri/Adv)