Panen Padi, Bupati Indra Dorong Pengembangan 3 Varietas Padi Lokal

Panen Padi, Bupati Indra Dorong Pengembangan 3 Varietas Padi Lokal

09/03/2021 22:23 0 By Maman

Panen Padi Di Ponelo Kepulauan

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat panen Padi Ladang Varietas Situ Bagendit di Kecamatan Ponelo Kepulauan. (foto:hms)

Hulondalo.id – Tiga varietas padi lokal, Padi Maraya, Ponelo dan Buruna diminta Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, terus dikembangkan. Pengembangan ini kata Bupati, agar tidak kalah dengan varietas padi lainnya yang dikembangkan oleh pemerintah.

“Kalau ini sudah dikembangkan, selanjutnya pemasaran, dan kalau sudah ada yang menginginkannya atau memesan, saya harap ada juga stoknya,” kata Bupati usai panen Padi Ladang Varietas Situ Bagendit 40 Hektar di Desa Otiola Kecamatan Ponelo Kepulauan, Selasa (9/3/2021).

Padi Varietas Situ Bagendit itu lanjut Bupati, bibit langsung dari kementerian yang dikembangkan didaerah. Selain bibit unggul dari pemerintah, di Gorontalo Utara kata dia, ada tiga varietas padi.

“Ini tantangan bagi teman-teman di Dinas Pertanian untuk mengembangkan 3 varietas ini, sehingga varietas Gorontalo Utara tidak kalah dengan varietas lain yang dikembangkan oleh pemerintah,” ujar Bupati.

Selain padi, di Kecamatan Ponelo Kepulauan kata Bupati, ada jagung lokal yang dikembangkan cukup bagus yaitu, bibit Tenggedi, Putungo, dan Momala. Petani menginginkan agar, ketiga bibit itu diramu lagi menjadi satu bibit.

OPD terkait diharapkan Bupati, juga terus mengembangkan tanaman lainnya seperti, kedelai dan jenis kacang-kacangan lainya termasuk umbi-umbian.

“Variasi makanan seperti ini mengandung gizi yang lebih besar dan sangat dibutuhkan masyarakat,” ungkap Bupati. (Prin/Adv)