Panitia Hak Angket DPRD Gorontalo Utara Panggil Wabup Thariq

Panitia Hak Angket DPRD Gorontalo Utara Panggil Wabup Thariq

09/06/2021 23:22 0 By Maman

Ariaty Polapa

Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Ariaty Polapa.

Hulondalo.id – Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, menjadi orang pertama yang dipanggil Panitia Hak Angket DPRD Gorontalo Utara, untuk dimintakan penjelasan maupun keterangan. Sesuai jadwal, permintaan penjelasan tersebut digelar, Senin pekan depan.

Ketua Panitia Hak Angket DPRD Gorontalo Utara, Ariaty Polapa saat dihubungi awak media, membenarkan adanya surat panggilan terhadap beberapa pejabat daerah.

“Iya benar,” ungkap Ariyati, saat dihubungi awak media, Rabu (9/6/2021).

Ariaty juga mengatakan, program kerja yang ditargetkan 9 minggu kedepan, berdasarkan pertimbangan dari hasil rapat internal pada hari Selasa (8/6/2021) kemarin, telah di persingkat menjadi, kurang lebih 5 minggu kedepan.

“Dalam penyusunan jadwal juga segera kita sesuaikan, sehingga minggu depan, 3 hari berturut-turut, ada penjadwalan,” ujar Ariaty.

Pemanggilan kata dia, mungkin akan dilakukan sekaligus. Tetapi untuk Senin pekan depan kata dia, ada 5 orang yang akan dipanggil. Orang pertama sudah diputuskan, Wakil Bupati dan Inspektur.

Kepala Dinas Dukcapil, Sarce Kandou, yang sebelumnya menjabat Kabag Ortala lanjut Ariaty, kemungkinan juga masuk dalam daftar yang akan dipanggil.

Ariaty menambahkan, DPRD dilindungi oleh regulasi. Dan surat panggilan tersebut tembusannya langsung ke instansi kepolisian, ketika yang bersangkutan atau pejabat yang berwenang dipanggil tidak hadir memenuhi panggilan tersebut selama tiga kali, maka akan di panggil paksa.

“Itu sudah masuk ke ranah hukum, jadi sudah kepolisian yang nanti akan berkompeten disitu,” tukasnya.

“Hari Senin itu jadwalnya mungkin jam 10 pagi, pertanyaan-pertanyaan juga sudah kita siapkan,” tambahnya. (Prin/Adv)